Iklan Banner Sukun
Ragam

Khadija Omar, Miss World Muslim Pertama Asal Somalia

(Foto: Instagram, @khadija.omarr)

Surabaya (beritajatim.com) – Kabar membahagiakan datang dari dari dunia kontes kecantikan atau pageantry, karena untuk pertama kalinya, sebuah ajang pageant tertua yakni Miss World memiliki kontestan muslim berhijab dari negara Somalia. Ia adalah Khadija Omar.

Sejak dahulu, sebenarnya Miss World sudah memberi kesempatan bahwa ajang kecantikan bukan hanya mengutamakan fisik dengan standar tertentu, tetapi juga mengedepankan kualitas berpikir dan attitude yang baik.

Namun, entah mengapa, belum pernah ada wanita berhijab yang menjadi salah satunya. Entah karena stigma di masyarakat atau lain-lain hal.

Tapi akhirnya Somalia menunjukkan perwakilannya. Sebagai informasi, tak hanya Indonesia saja, Somalia juga merupakan negara dari belahan bumi Afrika yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tak heran jika perwakilannya adalah seorang wanita yang mengenakan hijab.

Khadija Omar sendiri, memberanikan diri mewakili negaranya dengan membawa identitas hijabnya. Ia ingin menunjukkan bahwa penampilannya bisa mendobrak mindset masyarakat akan kontes kecantikan yang hanya dipenuhi perlombahan untuk menunjukkan tubuh yang seksi. Ia ingin menjadi yang pertama untuk mengubah itu semua.

Khadija memutuskan untuk mengikuti kontes kecantikan setelah terjun ke dunia modeling. Tanpa disangka-sangka, tujuannya menjadi seorang model pun sangat mengharukan, ia merasa wanita muslimah tak banyak atau bahkan kurang dipilih menjadi perwakilan dalam dunia modeling. Halima Aiden, Miss Universe Somalia pertama yang menjadi inspirasi dan idolanya selama ini.

Terpilihnya Khadija Omar pun disambut antusias, tak hanya oleh warga Somalia, namun juga masyarakat belahan dunia lain termasuk Indonesia.

“Yes inklusifitas, kalau standar beauty pageant udah bisa mengakomodasi “Cantik gak harus kulit putih”, “cantik gak harus tinggi menjulang”, “cantik gak dibatasi lingkar pinggang”, bahkan “cantik gak harus wanita tulen”, harusnya beauty pageant juga bisa mengakomodasi wanita berhijab. Gak perlu ada perdebatan karena itu pilihan pribadi masing-masing dan urusan dia dengan Tuhannya,” ucap salah satu akun.

Miss World 2021 sendiri nantinya akan menjadi pagelaran yang ke 70. Penyelenggaraannya akan di lakukan di kota San Juan, Puerto Rico pada 16 Desember 2021 mendatang. Sementara itu, Indonesia akan diwakili oleh Carla Yules, Miss Indonesia 2020. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar