Iklan Banner Sukun
Ragam

Keutamaan Puasa Tasua-Asyura 9-10 Muharram, Jatuh pada Tanggal Kapan? Ini Dalilnya Menurut Islam

Ilustrasi puasa tasua dan asyura di bulan Muharram yang sangat dianjurkan. (Pixabay.com/jpeter2)

Surabaya (Beritajatim.com) – Tahun baru Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram yang bertepatan dengan hari Sabtu, 30 Juli lalu. Bagi umat Islam, bulan Muharram memiliki keutamaan khusus, sebab Allah sendiri memuliakan bulan ini sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah umat Islam, bulan pembuka dan awal yang baru untuk umat Islam.

Berbagai amalan pun dianjurkan untuk dilakukan pada bulan ini. Salah-satunya dengan berpuasa Tasua dan Asyura. Dalam Islam, puasa Tasua jatuh pada tanggal 9 Muharram yang berarti, jika tahun ini pemerintah menetapkan 1 Muharram jatuh pada 30 Juli, maka puasa Tasua akan jatuh pada Minggu, 7 Agustus.

Sementara, puasa Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram, yang artinya umat Islam akan merayakannya pada hari Senin, 8 Agustus. Tidak hanya berpuasa, pada bulan Muharram ini umat Islam juga dianjurkan untuk meningkatkan amalan ibadahnya. Diantaranya: memperbanyak amalan ibadah sunnah, bersedekah, dan zikir.

Keutamaan bulan ini tertuang dalam surat At-Taubah ayat 36. Didalamnya dikatakan, bahwa Allah membagi satu tahun menjadi 12 bulan. Di antara bulan tersebut terdapat 4 bulan yang Allah sebut sebagai bulan Haram.

Tak disebut secara terang bulan apa yang dimaksud, namun para ahli tafsir berpendapat bahwa, 4 bulan itu adalah Muharram, Zulkaidah, Zulhijah dan Rajab.

Apa keutamaannya puasa Tasua dan Asyura?

Keutamaan puasa Asyura dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah RA yang bunyinya:

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (Tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas.” HR. Muslim.

Sementara dalam hadis lainnya, Abu Daud meriwayatkan dari Abu Qatadah RA, bahwa Rasulullah bersabda:

“Puasa di hari Asyura, sungguh saya berharap kepada Allah dapat menggugurkan dosa setahun yang lalu.”

Sedangkan keutamaan puasa Tasua tertera dalam salah-satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang berbunyi:

“Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa Tasua, (pada 9 Muharram). Tetapi Rasulullah wafat sebelum Muharram berikutnya.”

Itulah keutamaan serta dalil puasa tanggal 9 dan 10 Muharram yang jatuh bertepatan dengan tanggal 7 dan 8 Agustus 2020. (jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar