Iklan Banner Sukun
Ragam

Keunggulan Kayu Nangka Untuk Bahan Furniture

(Foto: Katie Luka, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kayu masih menjadi bahan unggulan bagi masyarakat Indonesia. Terutama untuk bahan-bahan perkasas rumah seperti kursi, rak, lemari, sampai meja. Dari semua bahan kayu, kayu jati masih menjadi primadona utama. Ternyata, selain kayu jati yang terkenal kuat dan kokoh, kayu Nangka juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan furniture.

Setiap kayu memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda tertutama kayu nangka ini. Terlebih kayu Nangka sudah mulai jarang ditemui dipasaran. Oleh karena itu, mari kita bahas mengenai keunggulan kayu Nangka untuk furniture, simak selengkapnya!

Keunggulan kayu nangka untuk furniture

Setiap masing- masing kayu dari berbagai jenis memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri. Selain buahnya yang lezat, kayu Nangka memiliki ketahanan terhadap rayap dan jamur, Tak bisa di pungkiri jenis kayu Nangka ini memiliki banyak penggemar.

Selain itu kelebihan lainnya dari kayu dari pohon Nangka ini ialah memiliki usia ketahanan yang panjang, Hal ini sudah di pastikan oleh banyak orang. Tak hanya kekuatan dan umurnya saja, tetapi kayu dari pohon Nangka ini memiliki tampilan serat kayu yang unik dan berbeda dari serat kayu pada umumnya. Terlihat unik dan estetik adalah tampilan dari serat kayu pohon Nangka. Oleh karena itu banyak pengrajin furniture seperti kursi, meja, pintu, dan lemari yang masih mempertahankan serat kayu ini untuk memperindah dalam segi tampilannya.

Lapisan kayu yang dipakai berubah menjadi mengkilap apabila diserut dan digosok, kayu ini sangat familiar dikalangan pengrajin furniture meskipun sekarang jarang ditemui.

Adapun mengenai Harga pada kayu pohon Nangka ini sangat bervariasi karena sesuai dengan ukuran dan tempat penjualan. Pada Umumnya, harga mulai dari Rp 365 ribu dengan perwujudan bahan kayu kayu nangka dengan diameter 7 cm dan panjang mulai dari 1 m. Sedangkan jika harga kayu nangka ini berkisar sekitar Rp 1,5 jutaan dengan perwujudan diameter kurang lebih 20 cm dan panjangnya lebih dari 2 m.

Itula informasi mengenai keunggulan kayu nanga sebagai furniture, semoga dapat membantu anda untuk lebih bijak dalam memilih kayu untuk kebutuhan furniture anda. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar