Iklan Banner Sukun
Ragam

Ketahui Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Bahaya, dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi berjemur untuk memperoleh vitamin D dari Matahari (foto: silviarita/ Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Pada dasarnya manusia memerlukan asupan vitamin D. Hal ini agar daya tahan tubuh tetap maksimal. Namun, meskipun begitu ternyata masih banyak orang yang masih tidak sadar bahwa dirinya kekurangan vitamin D.

Pasalnya mereka tidak tahu tanda-tandanya karena keluhannya yang cukup ringan atau bahkan tidak ada. Meskipun begitu, berikut tanda seseorang kekurangan vitamin D yang perlu diketahui.

Salah satu tanda seseorang kekurangan vitamin D adalah jadi lebih mudah terserang penyakit. Selain itu juga sering merasa lelah, nyeri pinggang serta otot. Bahkan jika seseorang memiliki luka terbuka, biasanya akan lebih lama proses penyembuhannya.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, di antaranya ialah adanya kondisi kesehatan tertentu. Hal ini bisa dikarenakan seseorang mengalami obesitas atau kondisi lain yang membuat tubuh jadi sulit menyerap nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Selain faktor kondisi kesehatan, faktor lain seperti kurangnya mendapat paparan sinar matahari secara langsung serta asupan makanan yang kurang mengandung vitamin D juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Tak ayal jika memang hal ini dirasa masih kurang, tentu perlu untuk melakukan pencegahan agar daya tahan tubuh bisa optimal.

Untuk mencegah kekurangan vitamin D, mungkin bisa dilakukan empat langkah berikut ini;

Pertama, rutin cek kadar vitamin D.

Hal dasar yang bisa dilakukan dan sangat valid ialah dengan cara rutin melakukan cek kadar vitamin D ke dokter. Setidaknya pengecekkan bisa dilakukan enam bulan sekali dan kadar normalnya 30-100 mg/ml.

Kedua, perbanyak aktivitas di luar ruangan

Hal paling mudah dan murah untuk dilakukan ialah dengan cara memperbanyak aktivitas di luar ruangan. Hal ini dikarenakan tubuh yang terkena paparan sinar matahari secara langsung lantas bisa memperoleh asupan vitamin D.

Ketiga, konsumsi makanan kaya vitamin D

Vitamin D juga bisa diperoleh dari makan-makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D ialah jenis ikan, seperti salmon dan tuna. Selain itu ada hati sapi dan jamur yang juga baik untuk memenuhi asupan vitamin D.

Keempat, konsumsi suplemen

Selain makan makanan yang pada dasarnya sudah mengandung vitamin D, seseorang juga bisa memilih opsi lain. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Hal ini baik untuk memenuhi 80% kadar vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar