Iklan Banner Sukun
Ragam

Ketahui! 4 Masalah Pada Mobil yang Sering Terkena Macet

Kondisi kemacetan dapat menimbulkan masalah pada kendaraan. (Sumber foto: Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak hanya membuat stres, terkena macet saat berkendara juga dapat menghambat aktivitas dan membuat rugi waktu. Bahkan situasi ini dapat berdampak buruk bagi kendaraan.

Sebab, dalam kondisi macet, mobil akan bekerja lebih keras dan jika tidak mendapatkan perawatan dengan benar kemungkinan dapat memicu kerusakan.

Berikut masalah yang dapat terjadi jika mobil sering kena macet:


1. Mesin Overheat

Selain menghambat aktivitas Anda, kemacetan juga dapat memicu terjadinya overheat. Hal ini terjadi karena mobil bekerja terlalu keras, dan menyebabkan mesin mengalami panas berlebihan, terlebih jika komponen pendingin tidak optimal.

Gejala paling umum ketika mobil overheat adalah, mesin terasa menggelitik dan jika dibiarkan akan merusak komponen internal.

Nah, agar terhindar dari kondisi ini, Anda harus selalu cek kondisi komponen pendingin seperti kipas radiator, sirkulasi cairan, radiator, dan kipas AC. Namun, jangan mengemudi jika komponen ini sedang bermasalah.

2. Boros Bahan Bakar

Tidak hanya membuat rugi waktu, macet juga dapat membuat rugi biaya. Kondisi ini dapat muncul saat terjebak macet, karena penggunaan bahan bakar kendaraan akan lebih banyak dari pada kondisi di jalan normal.

Karena terjebak macet ini mesin harus tetap bekerja tanpa bergerak dan sering melakukan stop and go. Jika hal ini terjadi terus – terusan, bukan tidak mungkin biaya operasional harian Anda jadi semakin membengkak.

3. Kualitas Oli Cepat Turun

Pada saat macet, mobil Anda akan berada pada kondisi diam atau bergerak stop and go. Pada kondisi ini, seluruh kinerja mesin tetap bekerja normal dan pada artinya oli mesin akan tetap bersirkulasi layaknya mobil sedang berjalan.

Karena kondisi inilah oli kendaraan jadi lebih cepat berkurang kualitasnya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan penggantian oli lebih cepat dari jarak penggantian normal untuk menjaga mesin tetap prima.

4. Masalah Rem

Tidak hanya itu, rem mobil atau bagian yang berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan juga dapat mengalami masalah ketika macet. Sebab risiko ini muncul karena seringnya mobil bekerja ekstra saat kemacetan.

Masalah pada rem ini sering terjadi pada mobil jenis matic. Hal ini karena sistem kerja mobil matic yang dapat bergerak maju tanpa pedal gas diinjak.

Hal ini akan membuat pengemudi sangat mengandalkan pedal rem, untuk menekan laju kendaraan ketika macet. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar