Iklan Banner Sukun
Ragam

Ketahuan Sering Mendengkur Saat Tidur? Berikut Cara Menghilangkannya

(Foto: Kika Cichewics, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat tidur memang kita tidak sadar apa yang terjadi di sekitar, maupun yang terjadi pada diri sendiri. Tetapi, tidak jarang kita mendapat masukan dari teman ataupun pasangan akibat mendengkur saat tidur.

Suara mendengkur saat tidur memang cukup mengganggu orang di sekitar kita. Saat mendengkur orang lain menganggap sebagai sesuatu yang sebenarnya tidak ingin didengarkan. Bagi Anda yang pernah kedapatan mendengkur hingga mendapat masukan dari orang lain, berikut ini upaya untuk menghilangkannya.

Tidur dengan Posisi Menyamping

Mendengkur paling sering muncul saat Anda tidur dengan posisi terlentang, karena itu letak pangkal lidah akan mendekati saluran pernapasan. Akibatnya, saluran udara menyempit sehingga aliran udara terhambat yang dapat menimbulkan suara. Agar itu tidak terjadi Anda bisa ubah posisi tidur yang semula biasa telentang dengan posisi menyamping.

Tidur dengan Tumpukan Bantal

Selanjutnya Anda bisa menumpuk bantal yang disusun lebih tinggi daripada biasanya sebagai cara mengatasi ngorok. Gunakan dua atau tiga bantal yang cukup empuk agar lebih nyaman. Dengan posisi kepala yang cukup tinggi berguna agar mencegah otot leher terganggu juga melancarkan pernafasan selama tidur sehingga mengurangi dengkuran.

Pakai Nasal Strip

Nasal strip merupakan plester yang ditempelkan pada hidung guna menjaga saluran nafas agar tetap terbuka selama tidur. Jika Anda menggunakan nasal strip ini, akan bermanfaat bagi aliran udara menjadi semakin lancar tanpa hambatan yang memicu dengkuran.

Hirup Uap Air Panas

Anda sebaiknya rutin bersihkan saluran hidung sebelum tidur. Hal tersebut berguna untuk melegakan pernapasan. Dengan menghirup uap air panas mampu mengeluarkan lendir yang menyumbat. Anda juga bisa menambahkan tetesan minyak kayu putih agar hasil pernafasan kian lega.

Mandi Air Hangat

Jika Anda mandi dengan air hangat maka suhu dari air hangat itu berkhasiat untuk buka saluran pernapasan. Ini bisa menurunkan resiko mendengkur saat tidur. Mandi air hangat juga mampu atasi hidung tersumbat karena pilek sekaligus mengurangi dengkuran.

Beberapa hal itu bisa Anda terapkan agar orang disekitar tidak lagi merasa terganggu akibat dengkuran. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar