Iklan Banner Sukun
Ragam

Kesemutan Sering Mengganggu? Atasi Dengan 4 Makanan Ini

(Foto: Idina Risk, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesemutan atau kram otot merupakan kontraksi yang tiba-tiba menyerang bagian otot seseorang. Walaupun hanya terjadi dalam waktu singkat dan hilang dalam beberapa menit, kram otot bisa sangat menyiksa karena menyebabkan sakit terasa sangat tajam.

Selain masalah ketegangan otot, bertahan dalam posisi yang sama selama berjam-jam bisa menjadi sebab terjadinya kesemutan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin dan mineral tertentu seperti magnesium, vitamin D, kalium, natrium dan kalsium dapat meningkatkan kemungkinan kram otot.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu yang akan membantu mengurangi kram otot. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (28/09/2021):

Air kelapa

Minuman menyegarkan ini kaya akan elektrolit seperti natrium, kalium, magnesium, dan kalsium yang dipercaya para atlet olahraga untuk mengobati kesemutan. Hal ini karena kandungan elektrolit pada air kelapa lebih banyak dari pada minuman berenergi, yang tidak memungkinkan untuk mengganti jumlah elektrolit yang hilang selama latihan.

Pepaya

Papaya mengandung potasium dan magnesium yang baik dalam menangani masalah kram otot. Magnesium berperan penting dalam transpor aktif ion kalium dan kalsium dalam membran sel, yang diperlukan untuk kontraksi otot, konduksi impuls saraf, tonus vasomotor, dan irama jantung yang normal. Jika ingin terhindar atau mengobati kram otot biasakan untuk mengonsumsi semangkuk papaya untuk sarapan agar mendapatkan tambahan nutrisi.

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan sarden mengandung sejumlah besar nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, dan natrium yang dapat membantu mencegah dan meredakan kram otot. Setidaknya penuhi mineral tersebut dengan mengonsumsi ikan berlemak dua atau tiga kali seminggu untuk nutrisi yang optimal.

Semangka

Buah berwarna merah ini kaya akan kalsium, magnesium dan potasium yang baik. Kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menghidrasi tubuh Anda dan juga meningkatkan fungsi otot secara keseluruhan. Sehingga mengonsumsi buah semangka juga dapat mencegah dan mengurangi kram otot. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar