Iklan Banner Sukun
Ragam

Keringat Dingin Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis, Salah Satunya Gejala Jantung

Ilustrasi seseorang yang mengalami kondisi keringat dingin (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir semua orang pernah merasakan gejala keringat dingin. Kondisi ini biasanya ditandai dengan permukaan kulit yang lebih lembab karena keringat, tapi badan merasa kedinginan.

Biasanya hal ini dipengaruhi oleh perasaan cemas yang berlebihan atau bahkan karena kondisi badan yang memang kurang fit. Terlebih ada beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya keringat dingin.

Tak ayal jika mengalami kondisi serupa, masyarakat harus lebih mewaspadai adanya penyakit kronis dalam tubuhnya. Berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan keringat dingin, di antaranya;

Penyakit jantung

Secara medis, keringat dingin merupakan tanda awal seseorang mengalami penyakit jantung. Namun, hal ini biasanya diiringi oleh beberapa tanda lain, seperti sesak nafas, nyeri dada, lemas, hingga adanya pembengkakan di badan.

Tekanan darah rendah

Selain penyakit jantung, seseorang yang mengalami tekanan darah rendah biasanya juga mengalami gejala keringat dingin. Terlebih jika tekanan ini terjadi secara tiba-tiba. Bahkan, seseorang yang mengalami dehidrasi berlebihan juga kerap mengalami hal tersebut.

Penyakit gula atau diabetes

Meskipun keringat dingin bisa jadi tanda seseorang mengalami penyakit gula. Namun, tentu saja ada beberapa gejala lain yang menyertainya. Seperti halnya, pandangan yang kabur hingga badan yang menjadi tremor.

Timbulnya keringat dingin sebagai tanda adanya penyakit kronis bisa terasa di beberapa bagian tubuh. Misalnya pada telapak tangan, area ketiak, maupun leher. Namun, bisa juga justru terasa pada seluruh anggota tubuh. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar