Ragam

Kereta Panoramic, Inovasi Baru Karya Balai Yasa Gubeng Surabaya

Video kereta spesial baru yang akan diluncurkan oleh PT. Kereta Api Indonesia. (Tangkapan Layar TikTok @Ananto Leo)

Surabaya (beritajatim.com) – Baru-baru ini bocor foto dan video mengenai adanya kereta spesial baru yang akan diluncurkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI, Persero). Momen bocornya bentuk dari kereta spesial baru ini ada di akun TikTok milik @Ananto Leo. Hal ini juga sudah tersebar ke sosial media lainnya seperti Instagram, Youtube, dan Facebook. Terlihat ada dua unit kereta spesial baru yang ada di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Kereta baru ini memiliki nama Panoramic di bagian tengah kereta. Entah itu nantinya akan menggunakan nama itu atau tidak bagi kereta baru ini. Kereta Panoramic merupakan kereta sightseeing atau kereta untuk melihat pemandangan. Kereta ini memiliki jendela penumpang yang berukuran besar hingga lekukan atap.

Selain jendela penumpang besar, kereta Panoramic juga memiliki jendela menghadap langit. Berwarna hijau tua dengan adanya strip yang berwarna hampir keemasan. Dan terlihat glossy jika terpantul sinar matahari.

Kereta Panoramic KAI ini merupakan modifikasi dari dua unit kereta eksekutif yang dulu pernah beroperasi pada KA Gajayana sebelum tahun 2009. Unit pertama adalah K1 0 99 16, yang setelah selesai beroperasi pada KA Gajayana sempat beroperasi pada KA Sawunggalih di bawah asuhan Depo Kutoarjo.

Sementara itu, unit kedua adalah K1 0 01 11. Kedua kereta ini beserta beberapa kereta eksekutif produksi 1999 dan 2001 buatan PT Industri Kereta Api (INKA, Persero) lainnya tergantikan oleh kereta eksekutif baru di tahun 2009. Kereta eksekutif produksi 2009 merupakan kereta dengan jendela seperti pesawat yang juga merupakan produksi INKA.

Kabarnya, kereta ini merupakan hasil ide dari pegawai di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Dengan merubah kereta lama (retrofit) menjadi kereta yang lebih elegan dan baru. Namun belum banyak informasi mengenai data dari kereta baru tersebut. Berdasarkan beberapa sumber dari Youtuber yang berfokus pada konten kereta api menyebutkan bahwa pada 15 Agustus 2022 sudah dilakukan Uji Coba jalan dari stasiun Surabaya Gubeng – Lamongan.

Terkait harga dan kapan di launching juga belum tau pastinya kapan. Namun, dalam waktu dekat ini, entah saat 17 Agustus besok atau pada akhir September nanti waktu hari jadi kereta api. Bahkan, rute dan harganya pun belum diketahui pasti.

Hal ini langsung memancing netizen menjawab dan merespon mengenai kereta tersebut. Baik itu harga tiket dan rutenya kemana. Bukan hanya mengenai itu, netizen ada juga yang memuji dan takut mengenai inovasi baru dari PT. KAI tersebut.

“Bus punya SR Panorama dari Laksana, kereta punya panoramic ­čśé­čśé, ” Tulis akun @d_rahmawati99 yang menyamakan Bus dan Kereta Api yang sekarang sama-sama punya armada “panoramic’

Di lain sisi ada yang takut untuk naik kereta ini karena takut dilempar. ” Tapi takut dilempar batu sama orang dari luar,” Tulis akun @alrafaezya272

Dengan belum adanya launching dan informasi mengenai kereta ini membuat beberapa netizen bertanya mengenai rute dan harga tiketnya. “Ini Kereta Jurusan Kemana? Berapa Harga Tiketnya?, ” Tulis akun @top_anggun.

“Apakah ini untuk semua jalur dan kota, atau untuk jalur tertentu, ” Lanjut akun @lamyrastore.

Berikut itu beberapa reaksi netizen terkait bocor nya foto dan video mengenai kereta panoramic.
(dae/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV dan Foto

BPOM RI Segel Jamu Tradisional di Banyuwangi

Korban Pelecehan Harus Berani Lapor

Coba Yuk Spa Kurma di Surabaya