Ragam

Kenali Tipe Dosen di Kampus Agar Kuliah Makin Lancar

Surabaya (beritajatim.com) – Mengenali tipe dosen saat kuliah bisa jadi jalan ninja bagi mahasiswa guna mendapat nilai baik. Setiap dosen memiliki tipe sendiri, terutama dalam hal kepribadian yang mudah dikenali saat memberi pelajaran di kelas. Selain itu, mengenali tipe dosen dapat membuat kita akrab dengannya sehingga saat ada tugas sulit, atau tugas dimengerti dapat terjalin komunikasi yang baik.

Agar kuliah makin lancar, yuk coba intip tipe tipe dosen berikut berdasarkan kesehariannya saat di kelas.

Dosen Super Disiplin

Dosen yang super disiplin ini pasti akan sangat perhatian terhadap waktu, deadline tugas, hingga ketepatan saat kalian presentasi. Dalam menghadapi dosen yang tingkat disiplinnya tinggi kalian harus menjaga sikap disiplin juga. Hal ini bisa dimulai dengan perilaku sederhana misalnya tepat waktu dalam hal apapun, terutama jam perkuliahan. Karena bagi mahasiswa yang tidak tepat waktu, lebih banyak pasif di kelas, dan suka membuat alasan pasti akan ditandai oleh dosen dengan tipe disiplin ini.

Dosen Perfeksionis

Perfeksionis seorang dosen ditunjukkan dalam pemberian tugas yang benar benar harus sesuai dengan instruksi yang diberikan. Tipe dosen ini punya standar tinggi untuk mahasiswa yang layak mendapat nilai bagus dan tidak. Jadi saat menghadapi tipe dosen ini kita harus berusaha lebih keras agar mendapat nilai aman.

Dosen Gaul

Dosen satu ini merupakan dosen yang biasanya jadi favorit mahasiswa. Salah satu indikator dosen gaul disematkan pada dosen yang up to date pada isu terkini, trend di sosial media, dan juga pengertian dengan mahasiswanya. Jadi saat mendapatkan dosen tipe ini kita harus bisa memaksimalkan mungkin agar bisa mendapat ilmu lebih.

Dosenku Orangtuaku

Dosen dengan tipe ini sangat pas untuk kalian yang biasanya merasa salah jurusan saat kuliah. Biasanya tipe dosen ini sering menyelipkan cerita-cerita hidupnya. Motivasi yang diberikan dosen itu terkadang mampu menjadi lahan pacuan untuk melecutkan semangat kuliah bagi mahasiswa. Kadang juga dosen tipe ini bahkan sangat terbuka dalam mendengarkan curhatan mahasiswa.

Kenali tipe tipe dosen tersebut, agar kuliah kian lancar dan mendapat nilai yang memuaskan. Salah satu indikator kesuksesan kuliah adalah dengan membangun kedekatan pada dosen, itu bisa terbangun melalui komunikasi. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar