Iklan Banner Sukun
Ragam

Kenali Metode Socrates Untuk Menasihati Orang Dengan Tepat

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak dapat dipungkiri, jika kita pasti bertemu dengan seseorang dan ada waktu kita harus menasehati atau mereka meminta nasihat dari kita. Salah satu metode penting yang perlu dipahami dalam menasihati orang lain adalah Metode Sokrates.

Metode ini menekankan pada adanya proses dealektika. Yakni, terjadinya komunikasi antara dua orang untuk membicarakan suatu masalah. Sehingga, dalam memberikan nasihat, kita tidak akan terkesan menggurui. Namun, memberikan arahan atau alur bagaimana seharusnya suatu masalah itu diselesaikan. Sekilas memang sederhana sehingga sering disepelekan padahal memiliki dampak yang cukup besar.

Mulai dengan ketika menasehati seseorang pastikan kita memiliki satu kesepakatan sehingga sama -sama setuju. Jika masih mengalami perbedaan, maka coba untuk mengarah pada tujuan yang sama walaupun memakai metode yang berbeda. Intinya membuat sebuah kesepakatan sehingga setiap pesan yang masuk dapat diterima.

Kita bisa memulai dengan pertanyaan yang mengarah pada sesuatu perasaannya atau keinginan dari dia dan kita untuk menjadi lebih baik atau terbebas dari masalah. Ketika memiliki perasaan yang sama dan menyatu maka komunikasi dapat berjalan dengan lebih menarik dan lancar.

Semisal ada orang yang sedang mengalami masalah berat dari segi kepercayaan atau masa lalu. Maka cobalah untuk mengerti apa yang dirasakan dengan memintanya bercerita. Setelah itu, biarkan dia membagikan apa langkah yang mau diambil dan bagaimana dia bisa mengatasi itu semua dengan caranya.

Setelah itu, kita bisa mulai terbuka tentang hal yang pernah alami, bagikan dengan dia sehingga kepercayaan semakin dibangun dan dia akan melihat sudut pandang yang berbeda. Jika sudah selesai, cobalah untuk tanyakan ulang bagaimana respon dia dan cerita tentang hal yang kita alami saat sudah terbebas dari masalah itu.

Kita bisa membangun rasa aman jika dia tidak melewati semuanya sendiri dan memastikan tidak ada salah paham sehingga ada perasaan pengertian. Pastikan dia mengerti kehadiran kita ada untuk memberikan nasihat yang bisa membuat dia menjadi lebih baik.

Meskipun semua orang pasti punya ego dan caranya masing-masing, tapi bukan masalah jika masih menjadi teman untuk dia. Sepele, tapi pemilihan kata dan nada bicara bisa menjadi yang bermasalah ketika sembarangan diucapkan. Kita perlu memperhatikan dengan baik cara dan pemilihan kata yang sesuai. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar