Ragam

Kenali Ciri-Cirinya, Kucing juga Bisa Stres

(Foto: Raquel Pedrotti, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di Indoneisa, kucing merupakan hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan. Bahkan banyak anekdot di media sosial yang menyatakan bahawa manusia hanyalah babu dari kucing. Sebab, mereka lebih repot dan manja meminta pelayanan. Untuk sebagian jenis kucing, bahkan, harga makanannya lebih mahal dari sebagian masnusia di sisi lain.

Selain manusia, hewan peliharaan terutama kucing juga bisa stres selama masa pandemi seperti sekarang ini. Namun anehnya kondisi serupa tidak terjadi pada Anjing. Selain mudah sakit, kucing yang stres juga akan berujung kematian. Sebelum terlambat, kenali ciri-ciri kucing Anda tengah mengalami stres.

Sebuah studi yang dilakukan di James Cook University, Australia membuktikan bahwa kehidupan 400 hewan peliharaan dipengaruhi karena berbagi ruang yang sama dengan pemiliknya selama pandemi.

Penelitian lain dilakukan oleh ahli perilaku hewan Stephanie Borns-Weil, ia mengatakan bahwa kucing mudah stres karena adanya orang-orang di sekelilingnya. “Kucing bisa kewalahan dengan kehadiran orang-orang di sekitar mereka ketika mereka tidak mengharapkannya,” katanya. Nah berikut ini beberapa ciri kucing Anda sedang stres seperti dilansir dari beberapa sumber:

Mengisolasi diri

Melansir Daily paws, kucing yang mengalami depresi biasanya menunjukkan gejala seperti lesu, tidak mau makan, banyak bersembunyi, hingga berhenti merawat diri. Sedangkan seperti mengutip dari Pet MD, kucing yang sedang stres biasanya sering menyendiri serta mengindari kontak fisik dengan hewan lain bahkan pemiliknya.

Lebih agresif

Kucing yang sedang depresi biasanya lebih sensitif dan sangat agresif. Tak jarang mereka juga bisa saja terlibat perkelahian dengan hewan lain seperti anjing atau sesama kucing. Tak hanya hewan, kucing juga dapat agresif pada pemiliknya jika sedang stres.

Sering mengeong

Saat kucing mengeong biasanya menjadi pertanda mereka sedang lapar. Namun ternyata suara mengeong kucing yang terus berulang dengan suara panik menjadi pertanda meraka sedang stres. Jika sudah begini gendong kucing Anda coba tenangkan mereka sebelum dibawa ke dokter hewan.

Kencing sembarangan

Walaupun merupakan tindakan yang sepele, namun ini merupakan pertanda kucing Anda tengah mengalami depresi. Banyak faktor yang membuat kucing Anda tidak kencing pada tempatnya, seperti suara yang terlalu bising, kotak kotoran yang tidak bersih, hingga bosan dengan makanan harian mereka. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar