Ragam

Kenali Beberapa Virus yang Sering Menjangkit Android

(Foto: Markus Winkler, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Smartphone android secanggih apapun tidak akan terlepas dari yang namanya virus. Aplikasi yang tidak memiliki lisensi bisa menjadi penyebab munculnya virus. Berkas-berkas sisa yang ada di android dan web spam juga bisa menjadi penyebab yang lain.

Setiap virus yang menyerang android menyebabkan efek yang berbeda-beda. melakukan pemindaian secara berkala bisa menjadi salah satu cara menanggulangi adanya virus. Berikut ini beberapa virus yang marak menyerang dan ciri-ciri yang terjadi di android yang sudah terinfeksi.

Shedun

Virus malware ini muncul dari aplikasi ilegal atau aplikasi kloning seperti Facebook mod, Spotify mod, Candy Crush, ataupun Snapchat yang biasa kalian unduh dari pihak ketiga. Shedun akan melakukan rooting otomatis dan membuka aliran iklan.

Virus ini dapat kalian hapus dengan melakukan root dan re-flash gadget. Namun itu bergantung pada model dan firmware Android yang kalian gunakan.

Filecoder

Filecoder merupakan jenis virus ransomware. Virus ini biasa memancing korban melalui konten-konten pornografi yang dikemas dalam link bit.ly. Saat link tersebut kalian klik maka secara otomatis mengunci sistem operasi gadget kalian. Filecoder juga bakal punya free pass pada pesan teks dan kontak di ponsel.

Joker

Joker adalah virus yang tergolong baru. Virus joker pada android akan mampu mengakses kontak dan pesan teks saat kalian meng-klik iklan-iklan ilegal. Saat ini diketahui jika virus joker telah menyasar 37 negara dan salah satunya Indonesia. Virus ini bisa mencuri uang pengguna melalui aplikasi berlangganan yang secara premium tanpa diketahui oleh user.

Goolingan

Goolingan sesuai namanya yang memiliki unsur Google. Virus ini bakal menjamah akun Google milik kalian. Sehingga keberadaan virus pada android akan memungkin pelakunya memalsukan identitas Google milik pengguna. Beberapa seri android seperti android Kitkat dan android Sandwich menjadi seri android yang paling sering terkena Goolingan. Data pun menunjukkan jika 74% pengguna android cukup mudah terjangkit Goolingan.

Hummingbad

Virus hummingbad pernah menjadi hot topic di tahun 2016 lalu. Virus ini akan menginfeksi lewat file yang diunduh lewat website yang tidak jelas. Virus ini bisa mencuri data dan mengunduh aplikasi di ponsel kamu tanpa izin. Cara menghapus virus hummingbad adalah dengan melakukan lewat reset pabrik.

Kenali beberapa virus itu serta cara penangannya, agar ponsel android yang kalian gunakan tetap aman. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar