Iklan Banner Sukun
Ragam

Kemegahan Istana Holyroodhouse, Peristirahatan Ratu Elizabeth Sebelum Menuju Kastil Windsor

Suasana luar Istana Holyroodhouse (Sumber foto : wallpaperbetter)

Surabaya (beritajatim.com) – Pasca meninggalnya Ratu Elizabeth II pada 9 September lalu di Kastil Balmoral, untuk pertama kalinya peti jenazah Ratu Elizabeth tampak di luar istana saat iring-iringannya hendak membawa peti menuju Kastil Holyroodhouse (11/9/2022).

Jenazah Ratu Elizabeth sendiri nantinya akan disemayamkan selama sehari di Holyroodhouse, sebelum akhirnya di bawa ke tempat peristirahatan terakhir di St. George’c Capel di Kastil Windsor, London.

Kastil Holyroodhouse sendiri merupakan salah-satu kediaman resmi Penguasa Britania Raya, dalam hal ini Raja/Ratu dan keluarga kerajaan. Kastil ini terletak di Edinburgh, Skotlandia.


Kastil ini didirikan oleh David I semula untuk biara Augustinian. Kastil Holyroodhouse sendiri memiliki desain yang megah, namun dengan segala keindahannya ini, semasa hidup Ratu Elizabeth hanya sedikit menghabiskan waktunya di sana.

Umumnya, Ratu Elizabeth hanya tinggal seminggu dalam satu tahun di setiap permulaan musim panas. Pada hari itu, Ratu Elizabeth biasa mengadakan serangkaian acara kenegaraan.

Salah-satu alasan mengapa peti Elizabeth disemayamkan selama semalam di Kastil Holyroodhouse, karena istana ini merupakan kediaman resmi Ratu Inggris di Skotlandia.

Kastil dengan luas 87.120 kaki persegi ini memiliki 289 kamar yang saat ini. Di dalam Kastil ini apartemen Ratu Elizabeth terletak di lantai dua.

Beberapa ahli menaksir Kastil ini memiliki nilai jual £55,1 juta. Ruangan termegah di Kastil ini adalah ruangan tahta, dalam ruangan ini pula terdapat dua singgasana yang digunakan oleh Raja George V pada masa 1911.

Di dalam Kastil Holyroodhouse ini juga terpampang foto-foto Raja Skotlandia terdahulu. Tidak hanya bangunan Kastil, di tempat ini juga berdiri Biara Holyrood dan taman istana yang sangat cantik.

Penguasa kala itu yang melakukan renovasi secara besar-besaran pada Kastil Holyroodhouse adalah Raja George V dan Ratu Mery.

Kedua orang inilah yang membawa Kastil Holyroodhouse ke abad 20, dimana Kastil Holyroodhouse mulai dipasang listrik, lift dan kamar mandi. Mereka jugalah yang memulai tradisi berpesta di dalam Kastil ini. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar