Iklan Banner Sukun
Ragam

Kemampuan Melihat dalam Gelap adalah Keunikan dari Kucing

Ilustrasi Kucing mampu melihat dalam gelap (Sumber foto : unsplash.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Kucing merupakan hewan yang mudah kita temukan. Rasanya hampir di setiap jalan kita lewati, ada banyak kucing yang berkeliaran. Ternyata, kucing memiliki kemampuan melihat dalam gelap.

Bahkan jika dibandingkan dengan manusia, mata kucing jauh lebih baik untuk mempersepsikan bentuk suatu objek saat kondisi minim cahaya.

Alasannya karena mata kucing mengalami evolusi. Jadi, kucing mampu melihat dalam gelap karena struktur matanya, khususnya retina membuatnya memiliki penglihatan lebih baik daripada manusia di kondisi minim cahaya.


Selain itu, kucing memiliki persentase dan konsentrasi rod photoreceptor atau sel batang lebih tinggi dari manusia.

Hal ini berarti kucing lebih peka cahaya dan mampu melihat lebih banyak dalam tingkat minim pencahayaan daripada manusia. Pengakuan ini berasal dari badan amal Cats Protection.

Badan atau Organisasi perlindungan kucing mengatakan, jika tingginya rod photoreceptor pada kucing membuat mereka mampu melihat enam hingga delapan kali lebih baik dibandingkan manusia ketika kondisi gelap.

Penyebab lain dari keunggulan penglihatan malam kucing adalah kebutuhannya untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Apalagi kucing termasuk karnivora sebagai pemakan daging. Maka dari itu, karena kucing tidak bisa memproduksi protein tertentu, jadi cara mendapatkannya dari mangsa adalah aktif di malam hari atau saat cahaya redup.

Disamping itu, mata kucing bukan satu-satunya yang membantu navigasi kucing saat kondisi gelap. Nyatanya, kucing tetap mengandalkan indera lain, seperti pendengaran dan penciuman.

Ada perbedaan cara melihat warna dari kucing dan manusia. Dampak dari konsentrasi sel kerucut fotoreseptor kucing yang lebih rendah daripada manusia, maka mereka tidak melihat warna sama dengan manusia.

Dari segi detail resolusi antara mata manusia dan kucing berbeda. Sel kerucut pada mata bertanggung jawab dalam menentukan warna penglihatan pada siang hari.

Pada mata manusia ada tiga tipe sel kerucut sehingga membuat kita dapat melihat warna biru, hijau, dan merah.

Sedangkan kucing hanya memiliki dua tipe kerucut yang berarti warna hijau dan merah bagi kita terlihat berwarna abu-abu untuk kucing. Bahkan tidak heran jika ada kucing yang dianggap buta warna. (prd/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev