Iklan Banner Sukun
Ragam

Kegiatan Menghasilkan yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi

Berkebun dengan teknik hidroponik (foto : Hendro D. Laksono)

Surabaya (beritajatim.com) – Di masa pandemi seperti ini perokonomian menjadi terkendala dan serba susah. Terlebih dengan adanya peraturan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat. Hal ini memicu banyaknya pekerja yang akhirnya dirumahkan bahkan di putus hubungan kerjanya.

Selain membuat pemasukan berkurang, pula membuat masyarakat menjadi bosan selama di rumah saja. Namun, sebenarnya ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, di antranya

Berkebun

Berkebun salah satu kegiatan yang cukup diminati juga. Tak melulu harus memiliki pekarangan yang luas, berkebun bisa dilakukan dengan median yang lebih simpel, salah satunya hidroponik. Seperti yang dilakukan salah seorang warga Surabaya, yang mmemanfaatkan atap rumahnya untuk dijadikan lahan.

Biasanya setiap orang memiliki ketertarikan masing-masing, ada yang lebih tertarik untuk menanam berbagai macam jenis bunga, ada juga yang memilih menanam sayuran, buah-buahan, atau tanaman obat (Toga).

Beternak

Aktivitas ini juga bisa menjadi opsi yang menghasilkan. Ternak yang dianggap paling mudah ialah ternak lele. Bahkan, di atas kolam lele juga bisa digunakan untuk budidaya kangkung. Tidak perlu lahan luas, asal ada cukup ruang dan rajin mengganti airnya. Jika lele sudah tumbuh besar dan siap untuk dipanen, lele bisa dijual atau sekedar disantap sendiri bersama keluarga.

Memasak dan Membuat Menu Baru

Pada dasarnya tidak semua orang pandai dalam memasak. Namun, jika bosan di rumah, kegiatan ini bisa menjadi opsi yang patut dicoba. Memasak bisa dilakukan dari hal yang paling mudah diterapkan. Bisa juga dimulai dari ketertarikan terhadap suatu makanan.

Beberapa orang bahkan secara khusus belajar memasak dan mencoba menu-menu lain agar dapat dijual, sehingga mereka mendapatkan pemasukan. Tak sedikit mahasiswa atau pekerja yang turut mencoba peruntungan ini, dengan menjual donat atau jajanan buatan mereka sendiri.

Ikut Lomba

Setiap orang tentu mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing, seperti menulis, mendesain, memotret, menggambar, public speaking, modeling, melukis, edit video, atau lainnya. Hal ini bisa dimaksimalkan dengan mengupgrade diri. Cari kesempatan mengembangkan bakat dengan mengikuti event atau lomba-lomba yang relevan dengan bidang tersebut.

Perihal menang ataupun kalah itu hanya sebuah bonus, hasil nyatanya ialah bisa mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan. [fyi/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar