Iklan Banner Sukun
Ragam

Kebiasaan Sederhana Ini Berdampak Buruk Bagi Otak

(Foto: Robina Weermeijer, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesehatan adalah salah satu hal yang penting. Sehingga dapat menunjang kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu organ yang dapat dikatakan krusial adalah otak. Otak berfungsi sebagai organ yang mengatur segala proses dalam tubuh dari detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, hormon, dan suhu tubuh.

Dampak dari kerusakan otak adalah sering merasa merasa lelah, sulit berkonsentrasi, dan mudah lupa. Maka menjadi sesuatu hal yang penting untuk merawat organ penting ini.

Meskipun terlihat sepele, ternyata kebiasaan ini dapat merusak sel-sel otak pada jangka pendek ataupun panjang. Bahkan secara tidak langsung, ini akan mengarah pada penghambatan perkembangan penyakit degeneratif pada tubuh. Maka dari itu, mulai untuk mengurangi kebiasaan yang dapat merusak sel-sel otak:

Sering Sendirian sehingga Kurang Integrasi Sosial

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa sendiri, tapi menurut para psikolog, mereka sepakat bahwa fungsi terbaik dari otak adalah ketika kita memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Percaya atau tidak, ternyata kurangnya kontak sosial menyebabkan depresi, perasaan kesepian, sehingga mempengaruhi kemampuan untuk mengingat banyak hal.

Jika hal ini terjadi pada anak-anak yang kurang mendapatkan kontak sosial, maka ini akan mempengaruhi pengembangan masalah psiko-sosial. Namun, untuk orang dewasa yang kurang integrasi sosial menyebabkan kebiasaan buruk seperti minum-minuman keras dan narkoba.

Waktu Tidur Yang Hanya Sebentar Hingga Kurang Memenuhi Kebutuhan

Umumnya, setiap orang membutuhkan tidur kurang lebih 8 jam per hari. Dampak dari tidur yang kurang akan mempercepat kematian sel-sel otak dalam jangka waktu yang pendek sehingga kita cepat merasa lelah dan sering merasakan suasana hati yang buruk setiap harinya. Maka dari itu, untuk menghindari gangguan ini, mulai untuk tidur malam yang baik

Kebiasaan Lupa atau Malas Sarapan Sebelum Beraktivitas

Ini mungkin menjadi kebiasaan beberapa orang, melupakan sarapan bisa jadi karena kesiangan atau ada faktor lainnya. Faktanya, Sarapan adalah hal penting sebelum beraktivitas. Rutin sarapan di pagi hari akan mempengaruhi kinerja, daya tahan, dan situasi emosional. Ketika kita melewatkan sarapan, maka tubuh akan kekurangan energi, kehilangan konsentrasi dan memori, suasana hati yang buruk, kinerja fisik dan intelektual miskin.

Bahaya bagi kesehatan ketika lupa sarapan adalah gula darah rendah, sehingga tubuh kekurangan zat gizi yang dibutuhkan oleh otak. Jika hal ini dibiarkan akan merusak otak dalam jangka panjang bahkan risiko mengalami stroke dan tekanan darah tinggi. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar