Iklan Banner Sukun
Ragam

Kebiasaan Menggunakan Serum yang Salah, Wajah Bisa Rusak Parah

foto: Ekaterina/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Saat mengenakan rangkaian perawatan wajah, serum menjadi salah satu produk yang tak boleh ditinggalkan. Umumnya, serum memiliki bahan aktif yang lebih tinggi konsentrasinya dibandingkan skincare lain. Sehingga serum mampu secara efektif mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah yang spesifik.

Namun, jika kalian sudah mengenakan berlapis skincare termasuk serum tapi tak kunjung merasakan hasilnya, bisa jadi ada yang salah dari cara pemakaian serum yang kalian lakukan. Kebiasaan-kebiasaan yang di bawah ini adalah alasan mengapa serum yang kalian gunakan tidak berfungsi dengan maksimal.

1. Menggunakan serum sebagai pengganti pelembap
Beberapa serum memang memiliki kandungan yang dapat menambah kelembapan kulit wajah. Dianggap remeh, beberapa mengalihkan penggunaam pelembab dengan menggunakan serum. Hal ini tentu tidak diperbolehkan.

Menurut dr. Mike Bell selaku skincare scientific advisor dari Boots UK, orang terkadang kurang paham apa fungsi pelembap dibandingkan serum, lalu kapan harus menggunakannya serta bagaimana cara memakainya.

Selain itu, Bell juga mengatakan bahwa serum biasanya memang memiliki active ingredients yang tinggi dan cocok dipakai untuk mengatasi suatu permasalahan kulit yang khusus. Tetapi, bukan semena-mena kita bisa meninggalkan pelembab. Mosturaizer juga memiliki manfaatnya tersendiri seperti melembapkan dan menjaga skin barrier. Manfaat tersebut tidak akan bisa digantikan begitu saja dengan penggunaan serum.

2. Urutan yang salah
Kebiasaan sepele yang membahayakan namun masih sering dilakukan adalah menggunakan skincare dengan urutan yang tidak benar. Kalian tidak bisa sembarangan mengenakan skincare tapi mengurutkannya. Biasanya, urutannya pengaplikasian dilakukan dari jenis produk yang sifatnya lebih ringan dan mudah meresap. Kemudian, dilanjutkan kepada produk yang teksturnya lebih berat.

Contohnya seperti penggunaan serum yang harus dilakukan sebelum mengenakan pelembab. Hal ini karena apabila dilakukan sebaliknya, maka kandungam serum akan lebih susah meresap lantaran terhalang oleh kandungan pelembap.

3. Takaran tidak sesuai
Beberapa orang berpikiran bahwa semakin banyak digunakan maka khasiat akan semakin terasa. Pemikiran ini tentu salah, pemakaian seru yang tidak sesuai atau bahkan melebih takaran yang dianjurkan bisa menimbulkam efek buruk lada kulit bahkan bisa merusak. Ini karena kandungan dengan konsentrasi tinggi secara berlebihan.

Tetapi, bukan berarti kalian menggunakannya terlalu sedikit. Pemakaian serum yang terlalu sedikit akan membuat fungsinya tidak dapat bekerja dengan optimal. Gunakanlah serum sesuai kebutuhan wajah dan secukupnya.

4. Tidak sesuai kebutuhan
Saat sedang mencari-cari serum, mungkin kalian akan tergoda dengan skincare yang sedang viral atau murah. Ini sebaiknya dihindari karena membeki serum harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Pastikan kandungannya sesuai dengan wajah kalian. Memahami kebutuhan kulit menjadi langkah yang penting untuk memilih produk yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal.

5. Tidak sabar dan langsung menumpuk dengan skincare lain
Menggunakan skincare butuh waktu dan kesabaran yang tinggi. Beberapa orang mungkin terburu-buru, menggunakan skincare dengan cepat dengan langsung menambahkan skincare lain.

Setelah memakai serum, masih banyak orang yang dengan cepat langsung menambahkan skincare lain. Hal itu merupakan kesalahan besar, serum adalah skincare yang cair, encer, dan basah di kulit serta lama untuk kering dan meresap ke kulit wajah. Karena serum mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi tinggi, diperlukan waktu untuk meresap ke dalam kulit agar serum bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, kalian harus sabar saat mengaplikasikan serum. Tak perlu terburu-buru jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Tidak konsisten
Meski kalian memiliki rangkaian perawatan yang lengkap, mengikuti tahapan dengan baik dan benar, semua tidak ada gunanya jika kalian tidak konsisten. Gunakan serum secara rutin di pagi dan malam hari. Jangan biarkan rasa malas membuat kalian enggan merawat wajah karena akan berdampak pada diri kalian sendiri.

Kebiasaan mana yang masih sering kalian lakukan? [mnd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar