Iklan Banner Sukun
Ragam

Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengubah Banyak Hal

(Foto: Prophsee Journals, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak ada hal besar yang bisa terwujud kecuali diikuti hal-hal kecil di belakangnya. Begitulah kehidupan biasanya berlaku. Perubahan besar pun dimulai dari hal-hal kecil yang konsisten dan terstruktur.

Anda mungkin belum bisa mengubah dunia, tapi selalu ada kesempatan untuk mengubah diri sendiri setiap hari. Perubahan kecil menjadi langkah yang berpotensi merubah banyak hal dalam hidup. Oleh karena itu, jangan pernah sepelekan perubahan kecil yang Anda lakukan secara konsisten. Berikut ini beberapa perubahan kecil yang berpengaruh besar jika dilakukan setiap hari.

Media Sosial

Berhenti menjadikan media sosial sebagai hal pertama yang kamu lakukan di pagi hari. Perilaku bersosial media ini bukan hanya akan membuat Anda kembali berbaring-baring dan malas-malasan karena terlanjur asik scrolling. Namun juga, paparan radiasi ponsel di pagi hari ketika otak belum segar benar, punya banyak dampak negatif.

Nikmati hal-hal kecil

Akibat terlalu sibuk dengan urusan bersama orang lain dalam pekerjaan maupun kewajiban lain hingga lupa memenuhi keinginan diri sendiri. Kadang perlu juga mentraktir kopi untuk diri sendiri atau jalan-jalan sendiri sekedar untuk menikmati hidup. Selepas itu, Anda akan merasakan dampaknya yaitu jadi lebih produktif dalam bekerja.

Perhatian pada keluarga

Lebih perhatian pada keluarga akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Cukup perhatian dengan membelikan barang ibu atau saudara kandung Anda itu akan menjadi kebahagian tersendiri. Sesekali Anda juga bisa berkirim pesan penyemangat pada teman dekat ketika tahu mereka akan menghadapi suatu hal besar.

Perilaku kecil ini tidak hanya berdampak pada diri sendiri. Orang sekitar seperti keluarga, teman, maupun pasangan pun turut bahagia karena merasa diperhatikan.

Buatlah night routine sederhana.

Jika biasanya rutinitas pagi agar hari lebih produktif, coba sesekali alihkan ke malam hari. Ini bertujuan agar agar istirahat yang Anda miliki lebih nyaman. Tidak perlu yang susah, intinya ada pada konsistensi.

Perilaku sederhana seperti menyimpan ponsel dua jam sebelum tidur, baca beberapa lembar buku sebelum tidur, menyetel musik kesukaan atau berdoa dan berterimakasih atas hari yang panjang.

Dari beberapa hal itu perlu diyakini bahwa sebenarnya perubahan besar itu hadir saat Anda yakin bisa mengubah hal-hal kecil dari diri sendiri. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar