Iklan Banner Sukun
Ragam

Kebiasaan Ini Bisa Buat Bibir Jadi Kering Kerontang

(Foto: Mart Productions, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Bibir kering biasanya menjadi salah satu tanda ketika seseorang sedang dalam kondisi kurang sehat atau sakit. Namun, bibir kering bisa juga terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik.

Mungkin kebiasaan tersebut terlihat sederhana dan sepele. Namun, jika dibiarkan akan memberikan dampak pada bibir menjadi kering. Akibatnya, bibir akan timbul rasa kurang nyaman. Apalagi bibir kering juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan karena kulit yagn terkelupas.

Banyak sekali hal-hal yang kalian lakukan ternyata bisa membuat bibir semakin kering. Seperti yang berikut ini.

Menjilat Bibir

Menjilat bibir mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang, dan umumnya, dilakukan saat bibir terasa kering. Ternyata, alih-alih menjadi lembab, menjilat bibir akan membuat bibir kalian semakin kering.

Air liur memiliki kandungan enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan. Enzim ini memiliki senyawa yang cukup keras sehingga tidak akan memberikan kelembapan untuk bibir. Justru, air liur bisa menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan akan mengambil kelembapan alaminya.

Menggigit Bibir

Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan tanpa sadar adalah menggigit bibir. Kebiasaan ini bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang merasa cemas atau gugup.

Terlihat sepele memang, tapi menggigit bibir akan membuat bibir menjadi kering. Selain itu, bisa memicu iritasi pada bibir yang mengakibatkan bibir menjadi rentan terluka. Sebaiknya, segera hentikan kebiasaan ini.

Mengelupas Kulit Bibir

Saat bibir dalam kondisi sangat kering, kalian mungkin merasa gemas dan secara sadar mengelupas kulit bibir yang kering. Padahal, hal ini bisa membuat bibir semakin kering dan tak kunjung membaik.

Belum lagi luka yang ditimbulkan, bibir bisa terkena infeksi dan akan semakin parah. Salah satunya adalah menimbulkan sariawan.

Tidak Membersihkan Lipstik dengan Benar

Selama ini, mungkin fokus kalian dalam melakukan cleansing adalah membersihkan kulit wajah dari debu setelah seharian beraktivitas. Sehingga tak jarang bagian bibir tertinggal.

Padahal, sisa lipstik yang terus menempel bisa berbahaya dan akan menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, pastikan lisptik dibersihkan dengan benar sampai benar-benar tak bersisa.

Tidak Eksfoliasi Bibir

Kalian mungkin sudah sering melakukan eksfoliasi pada wajah ataupun badan, namun jangan sampai tidak melakukan eksfoliasi pada bibir. Hal ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir yang kering sehingga bibir akan lebih lembap dan tetap merona.

Kurang Air Putih

Meski kalian sudah merawat bibir sedemikian rupa, akan sia-sia jika kalian jarang minum air putih. Bibir kering adalah salah satu pertanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Maka pastikan untuk mencukupi kebutuhan air ada tubuh dengan meminum air putih setidaknya delapan gelas per hari. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar