Iklan Banner Sukun
Ragam

Kebiasaan Buruk Ini Membuat Laptop Jadi Cepat Rusak

(Foto: Elisa Ventur, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Membeli laptop memang kadang seperti beli gacha. Jika beruntung, kita akan mendapat laptop yang semua part dan fungsinya bisa berjalan normal. Tapi, kadang juga kita bisa mendapat laptop yang baru dipakai beberapa minggu atau bulan saja, sudah ada bagian-bagian tertentu yang rusak.

Namun, semakin ke sini, kualitas laptop-laptop baru pun semakin bagus. Sehingga kemungkinan mendapat barang yang gampang rusak pun makin kecil. Meski begitu, bukan berarti kita tidak perlu melakukan perawatan pada laptop yang kita dapat.

Sebab, hal-hal kecil yang biasa kita lakukan bisa menjadi alasan kenapa laptop kita jadi cepat rusak. Perhatikan beberapa kebiasaan ini. Dan jika kalian masih melakukannya sampai hari ini, maka anda perlu mengubah kebiasaan tersebut.

Langsung ‘Shutdown’ Saat Laptop Sedang Error

Anda mungkin merasa geregetan saat laptop eror secara berulang. Namun, jika Anda terbiasa langsung mematikan saat eror, ini akan berdampak pada laptop yang cepat rusak. Sebaiknya saat eror terjadi, jangan langsung dimatikan. Coba restart saja laptop Anda agar aplikasi yang tengah berjalan bisa mulai dari awal lagi.

Menggunakan Mode Sleep yang Terus Menerus

Mungkin saat Anda masih memiliki tugas banyak, namun sudah malas melanjutkan tetapi masih akan melanjutkan lagi mode sleep jadi pilihan. Kebiasaan mode sleep yang terus menerus justru dapat membuat baterai laptop jadi lebih boros atau bahkan speaker yang akan bermasalah. Oleh karena itu, pastikan laptop Anda sudah benar-benar mati saat hendak menyelesaikan pekerjaan. Bukan hanya manusia, laptop juga butuh istirahat.

Charger Nonstop Padahal Baterai Tidak Sedang Habis

Anda mungkin terbiasa melakukan ini karena untuk mengefisiensi waktu agar tidak charger berulang. Namun kebiasaan ini tidak baik jika dilakukan berulang. Mencharge laptop saat baterai tidak habis justru akan membuat daya baterai jadi makin berkurang. Sehingga saat baterai laptop Anda sudah penuh, sebaiknya segera dicabut saja.

Pasang Charger ke Laptop Kemudian Baru ke Kontak Listrik

Hal itu merupakan kesalahan yang jarang disadari para pengguna laptop. Kebiasaan yang keliru ini lama-lama akan motherboard laptop Anda rusak. Cara yang benar itu, sambungkan charger ke arus listrik dahulu, kemudian baru sambungkan ke laptop Anda.

Jarang Update Software

Jarang update software karena malas dan sudah nyaman dengan software yang sudah lawas, itu membuat laptop mudah rusak. Jarang update software juga dapat menyebabkan laptop Anda mudah terserang virus. Update software ini punya manfaat penting bagi laptop, sebab laptop akan memperbarui sistem keamanan jadi lebih aman jika sudah dilakukan update software.

Kebiasaan itu sebaiknya Anda hindari dari sekarang. Jika tidak, maka jangan aneh saat laptop Anda tidak bisa berusia lama. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar