Iklan Banner Sukun
Ragam

Kaya Mendadak Karena Menang Undian Rp7 M, Biksu Ini Pilih Bagikan Untuk Amal

Surabaya (beritajatim.com) – Menang undian ibarat ketiban durian runtuh. Tapi, apa yang bakal dilakukan jika undian tersebut nilainya mencapai Rp7 miliar lebih?

Membeli rumah, jalan-jalan keliling dunia, naik kapal pesiar, membeli barang-barang mewah, bayar utang, deposito di bank atau beli saham?

Ternyata di antara semua kemungkinan itu tidak ada satu pun yang dipilih oleh Phra Kru Phanom Prechakon. Pria yang merupakan seorang biksu di Thailand ini baru menang undian senilai Rp7 miliar.

Cara Phra Kru Phanom Prechakon menghabiskan uang miliaran itu sangat mulia. Phra Kru, yang menjabat sebagai sekretaris kepala biara di Wat Phra That Phanom Woramahawihan di Nakhon Phanom, Thailand memilih menggunakan uang yang dia dapat untuk beramal.

Kisah keberuntungan Phra Kru bermula saat dia berdoa ke patung Thao Wessuwan. Saat itu, dia melihat angka ‘605’.

Berpikir sebagai tanda keberuntungan, dia putuskan untuk membeli lotre. Dia pun pergi ke sejumlah loket penjualan lotre.

Ketika dia pergi makan malam dengan kerabatnya, beberapa petugas loket lotre menolak menjual tiket kepadanya. Sebab, dia hanya ingin membeli 3 tiket, bukan 10.

Kebetulan, dia bertemu dengan penjual lotre ketiga yang memintanya untuk membeli darinya. Si penjual mengaku kesulitan soal pendapatan lantaran pandemi.

Meskipun nomor akhirnya bukan ‘605’ tetapi ‘905’, dia membeli 3 tiket itu. Ketika pengundian dilakukan pada 1 Maret, dia menyadari telah memenangkan 6 juta baht (Rp2,5 miliar) per tiket, dengan total 18 juta baht (Rp7 miliar).

Biksu itu kemudian memutuskan untuk membagikan uang tersebut masyarakat dan kuil sebagai amal daripada menyimpannya untuk diri sendiri. Dia menyumbangkan 4 juta baht (Rp1,7 miliar) ke kuil. Selain itu, dia berdonas kepada sekolah monastik dan badan amal yang sudah didaftar.

Tak hanya itu, ia juga membagikan 500 baht (Rp214 ribu) kepada masing-masing biksu, penduduk setempat, dan pekerja di kuil.

Selama dua hari, dia duduk di depan patung Thao Wessuwan dan membagikan uang kepada orang-orang di daerah tersebut. Antriannya lebih dari 1 kilometer dan karena panas terik, ada beberapa orang yang pingsan.

Begitu mulia dan dermawan hati biksu ini, baginya tentu peghargaan tertinggi dalam menghabiskan miliaran uang tersebut adalah dengan bersedekah daripada mementingkan dirinya sendiri, dikutip dari World of Buzz. (adg/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar