Iklan Banner Sukun
Ragam

Kaya Manfaat, Ini Jenis Olahan Bunga Kecombrang yang Bisa Dicoba

(Foto: Chloe Leis, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mengonsumsi Bunga kecombrang dipercaya kaya akan manfaat bagi tubuh. Selain dapat mencegah kanker dan melancarkan aliran darah, bunga kecombrang juga dianggap mampu untuk mengatasi bau badan. Banyaknya manfaat yang dikandungnya, tak ayal jika banyak masyarakat yang mengolah tanaman ini menjadi hidangan yang nikmat.

Meski memiliki aroma cukup menyengat namun, jika mengolahnya secara tepat aromanya bisa dikurangi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah merebusnya terlebih dahulu. Namun, untuk menjaga khasiat yang ada di dalamnya, kebanyakan masyarakat cukup dengan mencucinya terlebih dahulu.

Jika bingung mau mengolahnya menjadi menu hidangan, berikut ini ada beberapa jenis hidangan bunga kecombrang yang bisa dicoba di rumah.

Jus Kecombrang

Bunga berwarna kemerah-merahan ini dapat dijadikan minuman yang lezat. Selain menyehatkan juga cukup simpel cara pembuatannya. Hanya dengan menambahkan gula, madu, atau susu (sesuai selera), kemudian di blender bersama air secukupnya.

Tumis bunga kecombrang

Kebanyakan masyarakat mengolah bunga kecombrang dengan cara ditumis. Paling sering, bunga ini diolah bersama bahan lainnya, seperti kangkung, tahu, tempe, teri, tongkol, atau jenis ikan lainnya. Agar lebih nikmat, tak jarang jika masyarakat menambahkan irisan cabai dan rempah-rempah. Jika sudah begini, paling cocok jika dikonsumsi dengan nasi yang masih hangat.

Olahan sambal

Selain ditumis, masyarakat kerap menambahkan bunga kecombrang ke dalam olahan sambal. Jika kebanyakan orang suka dengan cara sambal diuleg, mungkin perlu dicoba dengan cara diiris tipis-tipis sebagai pelengkap sambal matah, pasti akan lebih terasa sensasi aroma dan rasa dari kecombrangnya.

Nasi liwet kecombrang

Sama seperti ketika memasak nasi liwet pada umumnya, namun yang membedakan ialah adanya tambahan bunga kecombrang yang sebelumnya telah ditumis bersama rempah-rempah lainnya, seperti daun salam, daun serai, bawang putih, bawang merah, hingga cabai.

Kue kecombrang

Selain dijadikan olahan minuman dan hidangan pendamping nasi, bunga kecombrang juga bisa dijadikan menu lain seperti kue. Seperti membuat kue kukus pada umumnya, namun yang membedakan ialah ada cita rasa, aroma, serta khasiat yang menonjol dari kecombrang. Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama cuci dan kukus terlebih dahulu bunganya agar aroma pekatnya berkurang. Kemudian jangan lupa masukkan irisan bunga ke dalam adonan kue sebelum dikukus. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar