Ragam

Kartu Prakerja Gelombang 19 Sudah Dibuka, Daftar Sekarang!

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia dengan mengadakan bantuan kartu Prakerja. Saat ini, prakerja sudah memasuki gelombang ke 19. Untuk mendaftar, kita bisa masuk ke website www.prakerja.go.id.

Kali ini, kuota yang tersedia untuk gelombang gelombang 19 adalah 800 ribu orang. Program Kartu Pra Kerja adalah semi bantuan sosial yang diberikan untuk masyarakat yang belum bekerja atau kehilangan pekerjaan karena pandemi, melalui program Kartu Prakerja.

Untuk yang belum mendaftar atau lolos di gelombang sebelumnya ketika gagal, dapat mengikuti kembali tanpa mengulangi proses pendaftaran dari awal. Beberapa tips supaya dapat lolos Kartu Pra Kerja:

1. Ketahui dan Memperhatikan secara detail persyaratan penerima

Data awal yang perlu dipersiapkan adalah informasi pribadi dan memahami persyaratannya dengan detail. Berikut syarat penerima kartu prakerja:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Tidak berstatus sebagai pejabat negara,
  • Tidak termasuk penerima bantuan lain dari pemerintah
  • Satu Kartu Keluarga hanya ada dua orang yang bisa mendapat bantuan Prakerja.
  • Apabila pendaftar tidak memenuhi syarat di atas, maka secara otomatis tidak akan lolos sebagai penerima Prakerja.

2. Memakai nomor ponsel dan email yang aktif

Selain sebagai sarana komunikasi, pendaftar diminta memasukkan nomor ponsel dan email untuk verifikasi kode OTP. Selain itu, hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan kegagalan atau kendala ketika pendaftaran.

3. Memasukkan data KK dan NIK dengan benar

Hal ini mungkin sepele, namun terkadang sering terjadi gagal atau lolos sebagai penerima prakerja. Jadi, sebelum melakukan pendaftaran, maka kita perlu memastikan jika datang digunakan sesuai dengan KK dan NIK. Ketika menemukan ketidaksesuaian, maka pendaftar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) di Call Center Dukcapil 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

4. Status Pekerjaan yang tercatat pada Ditjen Dukcapil.

Penyebab gagal lolos Pra Kerja adalah status pekerjaan pada data NIK di Ditjen Dukcapil. Ketika pendaftar tercatat sebagai pelajar atau mahasiswa di Dukcapil, maka secara otomatis tidak akan lolos penyaringan atau bisa pendaftar masih tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar