Iklan Banner Sukun
Ragam

Kapan Waktu yang Tepat untuk Resign? Ini Kondisi Tepat untuk Ganti Kerjaan

Orang yang tengah pusing dalam kerjaan. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Apakah kamu pernah berfikir untuk resign dari kerjaan? Terdapat beberapa fenomena waktu yang kerap digunakan pegawai sebagai waktu untuk Resign. Sebenarnya, banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk memutuskan berhenti dari kerjaannya saat ini.

Entah karena gaji yang dirasa kurang, lingkungan kerja yang tidak sehat, atau merasa kerjaan yang dilakukan saat ini kurang menantang. Jadi, sebenarnya keputusan resign tidak semata-mata lahir dari pertimbangan material. Terus, kalau udah di titik ini, kamu harus bagaimana?

Ingin mengejar passion


Biasanya, orang yang pertama kali bekerja akan lebih mengutamakan material, gaji yang besar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu. Rutinitas pekerjaan bisa membuatmu jengah. Tak jarang, karena kesibukan kerja, kamu jadi tidak sempat untuk melakukan hal-hal yang dulu kamu senangi, seperti: fotografi, desain atau lainnya.

Jika kamu berada pada posisi ini dan ada keinginan dalam diri kamu untuk bekerja sesuai passion yang kamu punya, bisa jadi itu adalah waktu yang tepat untuk resign. Sebelum kamu akhirnya menghabiskan waktumu bekerja di dunia yang hanya bicara soal rutinitas.

Namun, sebelum keputusan itu kamu ambil, tentu ada beberapa pertimbangan yang kamu harus benar-benar kamu pikirkan dengan matang. Di antaranya, seberapa yakin kamu dengan skill yang kamu punya, jika menurut takaranmu kemampuan mu masih standart dan belum bisa digunakan di dunia profesional, maka akan lebih baik kamu menunda keputusan untuk resign sembari mengasah skill kamu.

Nah, jika semua perhitungan sudah matang dan kamu yakin untuk mengambil jalan bekerja dengan passionmu, kamu bisa memutuskan untuk resign dari kerjaanmu.

Lingkungan kerja yang tidak sehat

Apakah kamu pernah berada di posisi kerja dengan gaji bagus, tapi lingkungan kerja toxic? Hal itu memang sangat mengganggu, terlebih untuk kesehatan mental kita. Memiliki gaji bagus memang menjadi idaman banyak orang, hal itu sangat lumrah mengingat kebutuhan yang terus meroket.

Tapi, anak muda jaman sekarang, terbukti lebih aware terhadap kesehatan mental. Mereka lebih memilih pekerjaan dengan lingkungan kerja yang sehat. Meski begitu, setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri. Ada yang bertahan karena alasan harus memenuhi tanggung jawab keluarga atau memang tidak ada pilihan.

Jika kamu berada posisi ini, akan baik jika kamu mulai mencoba menaruh lamaran di tempat lain. Tapi, tentu, tempat baru tidak menjamin lingkungan yang lebih baik. Karena itu perlu adanya pertimbangan yang matang sebelum kamu mengambil keputusan.

Atau pilihan lain yang bisa kamu coba adalah membuat usaha sendiri dengan tabungan yang kamu punya. Berhenti kerja, artinya kamu harus sudah memiliki cadangan keuangan setidaknya satu 3 bulan ke depan plus uang untuk modal bisnis baru, jika kamu berencana membuka usaha. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar