Iklan Banner Sukun
Ragam

Kamar Terlalu Kecil dan Sumpek, ini Tips biar Kamar Terlihat Lapang

Ilustrasi (foto : Spacejoy, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagian orang mungkin akan berpikiran buruk ketika membayangkan ruang kamar yang sempit. Kamar yang kecil kerap kali membuat penataannya menjadi todak kondusif, karena dirasa tidak ada space yang lebih.

Penghuni pun menjadi tidak betah karena merasa sumpek. Padahal, ada banyak cara loh untuk mengatasi kamar kecil sehingga terlihat lebih lapang. Jangan buru-buru renovasi atau bahkan pindah karena berikut ini kami berikan beberapa tipsnya.

Hindari barang besar

Menggunakan perabotan yang besar akan membuat kamar semakin penuh. Seperti lemari dan kasur. Solusinya, gunakan kasur yang rendah tanpa dipan, gunanya untuk membuat ilusi kamar terlihat lega. Begitu pula dengan lemari, manfaatkan lemari kecil agar kamar memiliki space lebih. Jangan lupa letakkan di pinggir ruangan agar barang tidak menghalangi langkah.

Jangan terlalu banyak perabot

Minimalkan barang-barang yang ingin kalian simpan di kamar. Manfaatkan space di dinding untuk menggantungkan barang kalian, seperti buku dan hiasan lainnya. Bagi yang ingin menggunakan kasur dengan dipan, manfaatkan bagian kolongnya sebagai rak penyimpanan barang-barang. Sehingga tidak ada space kosong.

Gunakan sedikit varian warna

Upayakan untuk tidak meletakkan terlalu banyak warna. Warna putih akan membuat kamar tampak lebih luas. Bisa dikombinasikan dengan warna lain asalkan tetap seimbang.

Atur pencahayaan

Semakin redup cahaya yang masuk ke kamar, maka ruangan akan terlihat semakin sempet. Maka maksimalkan agar kamar mendapat cahaya yang terang. Bahkan sangat dianjurkan untuk mendapat paparan sinar matahari dengan membuat jendela di kamar.

Pasang cermin besar

Cerman besar bisa menjadi tipu daya untuk membuat kamar tampak luas. Kaca akan memantulkan cahaya san bayangan sehingga menciptakan ilusi kamar yang lebih lega. Agar tidak mengurangi, bisa gantungkan kaca pada sisi bagian dinding yang kosong.

Siapkan tiang gantungan baju

Kebiasaan buruk yang dilakukan adalah menggantung baju di belakang pintu. Padahal, selain terlihat berantakan, tumpukan baju ini bisa menjadi sarang nyamuk dan akan menimbulkan penyakit. Lebih baik, tata baju di gantungan baju mengenakan hanger agar terlihat rapi. Untuk baju kotor, langsung letakkan di tempat cucian agar tidak menumpuk.

Bagaimana? Mudah bukan mendekorasi kamar mungil menjadi luas? Yang terpenting adalah bagaimana kalian pintar-pintar dalam menata barang. Selamat mencoba. [mnd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan