Iklan Banner Sukun
Ragam

Kabar Duka, Virgil Abloh Pendiri Off-White Meninggal Dunia

(Foto: Instagram, @virgilabloh)

Surabaya (beritajatim.com) – Kabar duka datang menghampiri industri fashion. Pendiri dari perusahaan mode Off-White sekaligus direktur artistik untuk koleksi pria Louis Vuitton, Virgil Abloh, menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu, 28 November.

Pria berusia 41 tahun ini disebutkan telah mengidap angiosarcoma jantung, atau bentuk dari kanker yang langka. Penyakit ini sudah dideritanya selama 4 tahun. Informasi ini pun diumumkan oleh Louis Vuitton dan Off White melalui akun instagram resminya.

“Kami sangat sedih harus mengumumkan kepergian Virgil Abloh yang kami cintai. Ia memilih untuk menanggung pertempurannya secara pribadi sejak diagnosanya pada 2019,” tulis akun tersebut.

Meski dengan penyakit ganas serta rangkaian perawatan menantang yang dijalaninya, Abloh tetap memimpin banyak institusi penting yang mencakup mode, seni, dan budaya. Dedikasinya tak pernah goyah, ambisinya untuk membuka pintu bagi orang lain serta memperluas kesetaraan dalam bidang seni dan desain.

Setelah menyelesaikan pendidikannya dalam bidang arsitek, Ablo bertemu dengan Kanye West, yang mana menjadi kolaborator pertamanya. Pada 2011, West menunjuk Abloh sebagai direktur kreatif perusahaan Dondanya.

Hingga pada tahun 2012, Abloh mendirikan sendiri rumah fashionnya, Off-White, dan menjabat sebagai CEO sampai akhir hayatnya. Louis Vuitton yang tertarik dengan kejeniusan Abloh akhirnya mengangkatnya sebagai direktur artistik pakaian pria mulai dari tahun 2018. Ini menjadikan Abloh sebagai orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin lini pakaian pria.

Tak hanya dibidang busana, Abloh ternyata juga menjadi desainer yang berpengaruh dalam dunia rap. Ia banya merancang sampul album, seperti milik Kanye West dan Jay-z, Pop Smoke, Westside Gunn, Octavian, dan Lil Uzi Vert.

Di kalangan kulit hitam, Virgil Ablog juga terkenal dengan suaranya yang vocal dan kritis terhadap bentuk diskriminasi. Salah satunya adalah dengan ikut menyeruakan kemarahannya terkait kasus pembunuhan George Floyd di Amerika Serikat tahun 2020.

Keperrgiannya ini tentu saja meninggalkan duka mendalam, tak hanya bagi keluarga namun juga bagi rekan-rekannya.

“RIP Virgil Abloh. Tidak ada yang bisa melupakan pengaruh yang kamu miliki. Tuhan memberkatimu, teman baikku,” cuit bintang sepak bola Prancis, Kylian Mbappe.

Selain itu, penyanyi Pharrel Williams, dan rentetan supermodel seperti Gigi Hadid dan Bella Hadid, Kendall Jenner, Hailey Bieber juga masih banyak lagi, turut mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa mereka melalui unggahan di Instagram.

Meninggalkan istiri, dua anak, saudara perempuan dan orang tua, meskipun telah tiada, jasa dan ide brilian Virgil Abloh masih akan terkenang selamanya. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati