Iklan Banner Sukun
Ragam

Justin Bieber Dinyatakan Alami Ramsay Hunt Syndrome, Pakar Sebut Berkaitan dengan Reaktivasi Virus

Potret Justin Bieber alami Ramsay Hunt Syndrome (tangkapan layar Instagram @justinbieber)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelumnya, penyanyi Justin Bieber telah mengumumkan bahwa dirinya mengalami Ramsay Hunt Syndrome. Di mana ia mengalami kelumpuhan pada sebagian wajahnya.

Tak hanya matanya yang sulit untuk berkedip, pada bagian lain seperti hidung dan area pipi juga tak dapat digerakkan. Tak ayal jika wajah Justin tampak kaku, tapi hanya sebelah. Ia pun juga tak bisa leluasa tersenyum karena sebagian bibirnya juga mengalami hal serupa.

Kondisi ini tentu saja membuat Justin merasa kesulitan untuk melakukan perform yang telah dijadwalkan. Hal ini lantas membuat masyarakat menjadi bertanya-tanya apakah Ramsay Hunt Syndrome tersebut.

Jika menurut pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Sjoerban, Ramsay Hunt Syndrome disebabkan oleh reaktivasi virus. Di mana sindrom ini bertanggungjawab atas 12 persen kelumpuhan pada wajah.

Ia juga menyebutkan bahwa hal ini secara prognosis lebih buruk dari pada Bell’s Palsy, yakni kondisi kelumpuhan salah satu sisi otot yang membuat wajah jadi tampak mengendur.

Meski gejalanya hampir sama yakni adanya kelemahan pada sisi wajah, tapi sindrom ini kerap diawali dengan kemunculan ruam kecil. Penderita Ramsay Hunt Syndrome juga kerap mengalami gangguan pendengaran satu sisi hingga fertigo.

Adapun virus yang menyebabkan Ramsay Hunt Syndrome ialah Varricela-zoster virus (VZV). Virus ini merupakan virus yang sama yang menyebabkan seorang anak mengalami cacar air dan cacar ular (herpes zoster) yang dialami orang dewasa.

Menjawab dugaan sindrom ini berkaitan dengan salah satu vaksin Covid-19 atau tidak, Zubairi mengungkapkan dalam cuitannya bahwa hal tersebut belum ada bukti yang valid.

Hanya saja ia menyebutkan bahwa kondisi Ramsay Hunt Syndrome sudah ada obatnya di Indonesia. Masyarakat penderita sindrom ini bisa membelinya di apotek terdekat.

Namun, untuk memastikan apakah seseorang benar mengalami Ramsay Hunt Syndrome, maka perlu diperiksa dan didiagnosis terlebih dahulu oleh dokter. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar