Ragam

Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di Indonesia, Apa Saja Daftarnya?

Elemen digital, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Keberagaman budaya dan kearifan lokal, membuat negara ini kaya dan jadi salah satu yang terunik di dunia. Budaya lokal itu mesti tertuang dalam praktik pendidikan, agar terus lestari oleh generasi penerus.

Saat proses menuju jenjang pendidikan tinggi, pelajar akan menimbang jurusan yang jadi skala prioritas utama. Umumnya pelajar akan memilih jurusan yang akrab di masyarakat. Namun, beberapa pelajar ada yang berkeinginan kuat untuk kuliah di jurusan yang tidak umum. Berikut daftar jurusan kuliah anti-mainstream yang hanya ada di Indonesia.

 

1. Sastra Jawa

Sastra Jawa menjadi jurusan unik pertama yang hanya ada di Indonesia. Tak hanya sekedar mempelajari bahasa, jurusan Sastra Jawa di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Semarang, juga mempelajari tentang ilmu linguistik Jawa, karya sastra Jawa, dan kebudayaan Jawa secara lebih teoritis dan luas.

2. Seni Karawitan

Karawitan merupakan seni musik gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Seni musik ini cukup familiar di Pulau Bali dan Pulau Jawa.

Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari seni musik Karawitan. Tidak hanya itu mahasiswa juga mendapat pengetahuan seni musik tradisional dari seluruh penjuru Nusantara. Para mahasiswa berkesempatan menguasai berbagai keterampilan bermain alat musik tradisional. Seperti kecapi, gamelan, suling, gendang, dan sebagainya.

3. Seni Dalang

Wayang merupakan kebudayaan yang terdiri dari banyak bagian. Ada wayang golek, wayang kulit dan wayang orang. Wayang ini harus dilestarikan. Sebab Wayang bukan hanya kebanggaan masyarakat Jawa, melainkan sudah jadi warisan budaya bangsa Indonesia.

Kini, kebudayaan Wayang jadi bagian dari kebanggaan masyarakat Indonesia seiring dengan sebaran masyarakat Jawa di berbagai wilayah Tanah Air. Dalam wayang dibutuhkan seorang Wayang.

Jurusan Seni pedalangan adalah jurusan yang sangat spesifik membahas tentang seni pertunjukan wayang tradisional. Mahasiswa akan mempelajari konsep dalam pementasan wayang tradisional. Mahasiswa juga belajar bagaimana berperan menjadi dalang serta membuat alur cerita pementasan wayang, filosofi dalang hingga pengetahuan sejarah pedalangan di Indonesia.

4. Teknologi Batik

Pekalongan Jawa Tengah merupakan kawasan yang terkenal dengan sebutan kota Batik Pekalongan. Di Pekalongan terdapat Universitas Pekalongan yang memiliki jurusan kuliah Teknologi Batik.

Jurusan ini diresmikan pada tahun 2011. Jurusan Teknologi Batik ini mempelajari pengetahuan dan keterampilan seputar batik. Diharapkan dengan keberadaan jurusan ini batik akan tetap terawat di masa mendatang.

Tertarik masuk pada jurusan yang hanya di Indonesia tersebut. Kalian tentu akan banyak menambah wawasan kebudayaan dan kearifan lokal yang luas. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar