Iklan Banner Sukun
Ragam

Jenis Olahraga Yang Boleh Dilakukan Ketika Menstruasi

(Foto: Maksim Goncharenok, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Masa menstruasi memang sering menjadi masa ketika perempuan lebih mmeilih untuk bersantai-santai dan rebahan. Sebab, ada efek secara fisik dan psikologis yang menimpa mereka. Padahal, beraktivitas fisik ternyata bisa menyebabka rasa sakit saat menstruasi berkurang lho!

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang dianjurkan saat sedang haid.

1. Jalan santai

Olahraga ringan satu ini sangat dianjurkan dilakukan meskipun sedang menstruasi. Dengan melakukan jalan kaki santai di sekitar rumah atau lapangan, tak hanya kesehatan fisik yang terjaga, namun mood kalian juga akan membaik. Hal ini mengingat mood swing yang melanda saat menstruasi.

2. Jogging

Selain berjalan santai, jogging atau lari kecil juga diperbolehkan. Jogging akan membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh serta membuat suasana hati lebih tenang dan nyaman. Kalian bisa melakukan jogging santai sembari mendengarkan musik favorit. Tak perlu dipaksakan, beristirahatlah saat kalian merasa lelah, dan jangan sampai dehidrasi.

3. Senam

Siapa bilang orang yang menstruasi tidak bisa senam? Kalian masih bisa melakukan senam ringan seperti aerobik. Senam ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah serta mengatasi rasa pegal saat haid. Kalian pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani hari. Namun, hindari gerakan melompat atau gaya yang terlalu banyak gerak, pilih gerakan mudah dan santai untuk dilakukan.

4. Yoga

Jika kalian lebih suka olahraga yang menenangkan, yoga bisa menjadi pilihannya. Selain bisa membantu mengurangi rasa stress atau cemas berlebih, yoga juga akan mencegah pembekuan darah dan melancarkan sirkulasinya. Kalian bisa mendatangi langsung kelas yoga atau bisa belajar secara daring.

5. Bersepeda

Saat bersepeda, kita akan menggunakan otot pada tubuh terutama bagian kaki dan sekitar perut, inilah yang akan membantu mengurangi kram yang seringkali dirasakan pada perut dan nyeri punggung akibat haid. Tak perlu bersepeda terlalu jauh, pilihlah rute yang dekat dengan waktu singkat agar fisik kita tidak terlalu kelelahan.

6. Renang

Kebanyakan orang akan menghindari olahraga air satu ini saat sedang menstruasi, banyak yang khawatir bahwa darah yang dikeluarkan bisa saja menyebar di kolam. Padahal, kita tidak akan mengeluarkan saat sedang berenang karena adanya tekanan balik dari air.

Tak hanya menenangkan, olahraga ini bisa meningkatkan aliran darah dan menambah energi. Sebaiknya, pilihlah gerakan yang lambat seperti gaya punggung.

Nah, sekarang tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan saat menstruasi. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar