Iklan Banner Sukun
Ragam

Jenis Kain Pakaian yang Adem dan Nyaman Untuk Cuaca Panas

(foto : Nick de Partee, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Tinggal di negara dengan iklim tropis membuat sebagian besar daerahnya memiliki cuaca panas. Cuaca yang panas membuat masyarakat sering merasa gerah, belum lagi aktivitas yang padat bisa menyebabkan keringat yang keluar berlebihan.

Cuaca dan aktivitas tersebut membuat kita harus pintar dalam memilih pakaian, disesuaikan dengan kondisi daerah tempat kita tinggal.

Jangan sampai salah kostum karena pakaian dengan kain yang nyaman tentu membuat kita lebih leluasa dalam bergerak. Bahan yang dingin serta bisa menyerap keringan akan menjadi solusi pakaian yang nyaman. Nah, ini kami berikan pilihan bahan kain yang bisa kalian gunakan sehingga tak salah memilih pakaian.

Katun

Jenis satu ini memang sudah menjadi juara diantara kain-kain lainnya. Sangat cocok dengan cuaca di Indonesia, karena bahannya yang bisa menyerap keringat serta nyaman dipakai sehari-hari. Terbuat dari serat kapas yang kuat dengan kualitas bagus, ada beberapa jenis katun yang tersebar. Yakni katun paris, katun jepang, katun rayon, dan masih banyak lagi. Perbedaannya terletak pada kualitas bahannya.

Linen

Kain ini dibuat dari hasil tenun serat alami tumbuhan rami. Meski terlihat hampir mirip dengan katun, serat kain linen terlihat lebih jelas dan terasa kaku namun dengan tekstur yang lebih halus dibanding katun. Sehingga untuk membedakannya keduanya pun akan mudah. Harganya pun lebih tinggi daripada kain katun. Karena bahannya yang cukup sejuk, kain linen juga banyak digunakan untuk sprei. Fakta uniknya, adalah kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan pakaian.

Denim

Untuk bahan satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang mengenalnya dengan jeans, padahal jeans merupakan nama produk desain berupa celana panjang berbahan denim. Namun orang sering salah mengartikan jeans sebagai bahan kain.

Denim terbuat dari serat yang kuat dan tebal, tetapi tidak sulit untuk dicuci. Dahulu, denim lebih sering digunakan sebagai jaket dan celana panjang, tetapi kini sudah beralih sebagai blus, rok, bahkan dress. Warnanya pun tak melulu biru, sudah menjamur denim berwarna putih, hitam, atau warna-warna mencolok lainnya.

Chambray

Jika denim dirasa terlalu panas untuk cuaca yang tak menentu ini, maka chambray bisa menjadi solusinya. Kain disebut juga dengan soft denim, yakni sejenis denim namun lebih tipis dan ringan. Jenis ini juga mudah didapatkan di pasar-pasar.

Sutra

Kain mewah ini sudah jelas memiliki kualitas terbaik. Terbuat dari kepompong ulat sutra, kain sutra sangat lembut menjadikan tampilan lebih mengkilau namun tetap natural. Meskipun tidak menyerap keringat, kain sutra memiliki bahan yang dingin dan ringan. Dengan kualitasnya yang juara, sangat wajar apabila kain ini dibandrol dengan harga tinggi.

Itu dia sederet bahan pakaian yang bisa menjadi petimbangan saat membeli baju atau celana. Mana yang menjadi favorit kalian? [mnd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar