Iklan Banner Sukun
Ragam

Jarang DIketahui, Ternyata Ini Manfaat Mengangkat Kaki ke Tembok Secara Rutin

Ilustrasi orang melakukan angkat kaki ke tembok secara rutin. (Foto: Andrea Piacquadio, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang baik untuk diterapkan setiap saat. Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa olahraga identik dengan menggerakkan tubuh yang kerap menguras keringat dan melelahkan.

Padahal ini tidak berlaku bagi beberapa jenis olahraga, seperti mengangkat kaki di tembok. Tidak melelahkan, namun manfaat dapat dirasakan luar biasa. Bahkan, banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Mengangkat kaki pada tembok yang dilakukan secara rutin sekitar 20 menit sehari, ternyata mempunyai beragam manfaat bagi tubuh, di antaranya;

Memperlancar sistem pencernaan
Salah satu manfaat mengangkat kaki sejajar dengan tembok ialah untuk memperlancar sistem pencernaan. Melalui aliran dari kaki setidaknya dapat meningkatkan suplai darah menuju organ dalam.

Tak ayal jika sirkulasi darah yang cukup meningkat tersebut dapat membantu kelancaran sistem pencernaan. Melakukan pose ini secara rutin tentu bisa mempercepat penyerapan nutrisi yang telah dikonsumsi.

Mencegah stres
Posisi kaki lurus ke atas ini selain dapat memperlancar peredaran darah juga bermanfaat untuk pernafasan. Sehingga bernafas pun bisa lebih tenang karena jaringan tubuh mendapat lebih banyak oksigen.

Hal ini yang kemudian membuat perasaan menjadi rileks. Terlebih tekanan pada leher hingga perut dapat berkurang.

Kualitas tidur jadi baik
Mengangkat kaki ke tembok ternyata juga bisa diterapkan oleh orang-orang yang kerap insomnia atau susah tidur. Maka posisi seperti ini disarankan untuk dicoba secara rutin kurang lebih selama 20 menit.

Hal ini juga tidak lepas dari lancarnya sirkulasi darah dan oksigen menuju ke otak. Tak ayal jika kualitas tidur pun jadi lebih baik.

Memakai heels jadi tidak mudah lelah
Jika sering beraktivitas menggunakan heels atau alas kaki berhak tinggi, cara yang satu ini tentu patut untuk dicoba. Sirkulasi darah yang lancar setidaknya juga dapat mengurangi rasa lelah selama memakai heels. Terlebih jika dipraktikkan secara rutin setiap hari selama 15-20 menit.

Melangkah jadi lebih ringan
Kaki yang bengkak dan terasa cukup berat untuk melangkah bisa jadi karena adanya efek dari penyakit tertentu, seperti gangguan jantung atau ginjal.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh buruknya sirkulasi darah dalam tubuh. Maka dengan rutin mengangkat kaki bisa bermanfaat untuk mengurangi dampak pembengkakan serta meringankan langkah kaki. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar