Iklan Banner Sukun
Ragam

Jarang Diketahui! Ini 5 Alasan Seseorang Selalu Merasakan Kesepian

Ilustrasi seseorang yang mengalami kesepian karena hal berikut. (Kevin Lee, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika Anda sering merasa kesepian itu sebenarnya adalah emosi yang nyata. Keberadaan pandemi juga jadi salah satu penyebab mengapa seseorang sering merasa kesepian.

Hal yang rumit berkaitan dengan emosi bahwa emosi dirasakan dengan cara yang dari masing-masing orang. Sebagian merasa baik meski punya sedikit teman di sekitar, dan lebih senang menghabiskan banyak waktu sendirian. Namun berbeda dengan sebagian yang lain, hal ini dapat menimbulkan rasa kesepian mendalam.

Jadi, sangat penting Anda tahu sebab dari perasaan kesepian itu. Dikutip dari healthy ada beberapa alasan mengapa seseorang merasa kesepian, berikut ini.

1. Kebiasaan menyalahkan diri dan orang lain

Rasa kesepian bisa muncul karena Anda terlalu menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas kejadian yang tidak menyenangkan. Alih-alih Anda melakukan penerimaan lalu melewatinya, kesalahan yang ada justru Anda jadikan pusat pemikiran yang membuat Anda jadi merasa kesepian.

2. Menyembunyikan perasaan

Saat ada masalah dalam hidup Anda terbiasa menyembunyikannya dan tidak terbiasa bercerita pada siapapun. Anda sendiri yang tidak mengekspresikan emosi dengan baik. Hal ini juga jadi penyebab dari timbulnya rasa kesepian.

3. Menarik diri dari semua orang

Karena Anda tidak bisa mengatasi emosi yang kurang nyaman, Anda jadi tenggelam dan menghindari situasi sosial. Saat mendapat masalah coba bicarakan baik-baik dan jangan sampai menarik diri dari pergaulan sehari-hari.

4. Tidak ada kedekatan dengan orang lain

Jika hubungan Anda dengan orang lain tidak ada unsur kedekatan, itu cenderung membuat Anda merasa terisolasi sendirian.

Selain itu, kadang kala merasa sendirian juga justru membuat orang-orang cenderung menarik diri dari lingkungan. Hal ini pada akhirnya membuat Anda justru semakin asing dan merasa lebih kesepian.

Ada seseorang yang berada di tengah keramaian dan masih merasa kesepian.Beberapa dampak kesepian jika terus dirasakan bahkan dapat meningkatkan rasa sakit pada kesehatan fisik juga kondisi mental.

Misalnya saja saat seseorang sedang mengalami kondisi depresi, penyakit stroke, penyakit jantung, hingga kecenderungan obesitas.

Pada intinya Anda jangan sampai memutus koneksi dengan lingkungan. Cobalah bicara pada mereka, orang yang Anda percaya. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar