Iklan Banner Sukun
Ragam

Jarang Diketahui! 6 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Ilustrasi buah lemon yang memiliki banyak manfaat. (Mockup Graphics, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Lemon merupakan buah yang berwarna kuning cerah saat dirinya mulai masak, begitu familiar untuk ditambahkan pada makanan ataupun jadi minuman.

Namun tidak banyak yang tahu jika buah yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata, selain enak buat dikonsumsi, lemon juga bisa membantu buat mengatasi masalah kesehatan Anda. Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk kesehatan.

Mengontrol berat badan

Lemon sering dipromosikan sebagai makanan yang memiliki manfaat guna menurunkan berat badan. Penelitian dari dailymail menunjukkan jika senyawa pada tanaman dalam ekstrak lemon bisa membantu guna mencegah dan pengurangan berat badan dengan beberapa cara. Salah satunya lemon bisa membantu seseorang untuk membuat perut terasa kenyang.

Mencegah anemia

Bukan hanya kaya akan vitamin C, lemon pun punya kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia. Karena lemon punya vitamin C dan asam sitrat, lemon juga dapat jadi pelindung dari anemia dengan memastikan bahwa seseorang bisa menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang dikonsumsi.

Mengurangi risiko kanker

Perlu diketahui bahwa buah lemon juga punya manfaat yang dipercaya mampu mengurangi risiko kanker. Hal ini karena diet sehat yang kaya buah dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Sebagaimana dikutip dari Healthline, Beberapa penelitian yang dilakukan secara observasi mengungkapkan jika orang yang mengkonsumsi lemon paling banyak dapat menurunkan risiko kanker secara stabil.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selanjutnya buah lemon juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Lemon adalah buah yang terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar karbo ini berbentuk serat larut serta gula sederhana.

Serat utama yang ada pada lemon adalah pektin, yaitu suatu bentuk serat larut yang berkaitan erat dengan beberapa manfaat kesehatan. Serat larut ini bisa meningkatkan kesehatan usus juga memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek tersebut bisa mengakibatkan penurunan kadar gula dalam tubuh jadi rendah.

Menjaga kesehatan jantung

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Khususnya, ada penelitian yang menerangkan jika makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Itulah beberapa manfaat buah lemon bagi kesehatan, buah yang punya rasa begitu identik dijadikan minuman. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar