Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Sepelekan, Ini 3 Tips Merawat Kulit Kaki Agar Halus dan Sehat

(Foto: Cats Coming, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Area kulit kaki yang tersembunyi dan jarang ter-ekpose membuat banyak orang malas untuk merawatnya. Padahal sebagian aktivitas berat yang Anda lakukan berpusat di kaki. Inilah mengapa penting untuk merawat kulit kaki.

Kulit kaki membutuhkan perawatan yang extra, karena wilayah tersebut sangat unik dan berbeda dengan bagian tubuh Anda yang lain. “Kulit di telapak kaki kita lebih tebal karena semua beban yang ditanggungnya dan memiliki lebih banyak kelenjar keringat daripada area lain di tubuh kita,” kata Marcela Correa, ahli pedikur medis di Medi Pedi NYC.

Ini membuat kulit kaki sangat rentan terhadap kekeringan, tumit pecah-pecah dan kasar, jamur kuku, dan masalah lainnya. Nah, bagaimana cara merawat kulit kaki yang benar?

Eksfoliasi

Untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah tumit retak, para ahli kulit merekomendasikn untuk melakukan eksfoliasi seminggu sekali. Hampir sama seperti kulit wajah, eksfoliasi pada kulit kaki dapat menggunakan cara manual atau dengan bantuan produk kecantikan. Anda bisa menggunakan batu apung, kikir kaki, atau dengan scrub lembut.

Menggunakan produk pelembab kulit

Penggunaan produk pelembab bisa dibilang merupakan cara perawatan kulit yang paling penting untuk seluruh tubuh Anda, termasuk kaki, kata Sadick. “Anda harus mengoleskan produk penghidrasi setidaknya sekali sehari.” Cara ini dapat membantu mencegah kekeringan dan retak pada tumit Anda.

Sedangkan seniman kuku Choi Jin Soon merekomendasikan untuk mengoleskan pelembap sehabis mandi, karena jika Anda mandi dengan air panas itu dapat mengeringkan kulit Anda. Selain itu pastikan untuk menjaga kulit di antara jari-jari kaki Anda agar tidak kering, kata Choi.

Rawat kuku kaki

Selain kulit, kuku kaki juga penting untuk dirawat. Choi dan Correa, merekomendasikan untuk mengoleskan minyak pada kuku kaki Anda setiap hari untuk menjaga kutikula tetap ternutrisi dan terhidrasi. Selain itu jangan terlalu kasar saat memotong kuku kaki. “Kuku kaki yang terlalu dipotong di tepinya adalah cara termudah untuk mendapatkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam, jadi Anda harus berhati-hati,” kata Choi. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar