Ragam

Jangan Sembarangan, Begini Cara Memilih VGA Card

(Foto: Artiom Vallat, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Untuk gaming, desain grafis, dan editing agar tampil lebih menarik dan realistis diperlukan VGA Card yang sesuai. Kesalahan dalam menentukan kartu grafis, terjadi kerusakan pada kartu grafis atau tidak kompatibel, tentunya akan mempengaruhi tampilan monitor Anda. Layar akan tampak buruk, sehingga mengganggu kanyamanan dan produktifitas kerja.

Di antara banyak produk yang ada di pasaran, Anda mungkin bingung saat memilih kartu VGA untuk gaming, video editing, atau desain grafis. Kali ini, kami akan menunjukkan cara yang tepat untuk memilih kartu VGA yang tepat untuk komputer Anda. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir memilih kartu grafis yang tepat untuk game, desain, atau pengeditan Anda. Simak Selangkapnya!

Tentukan keperluan dan budget untuk VGA card yang akan anda pilih.

Jika Anda memiliki budget sekitar 1 juta, Anda bisa membeli ASUS GTX 750ti atau MSI GTX 750ti dengan harga sekitar 1 jutaan. Jika Anda memiliki budget sekitar 2 hingga 3 juta, Anda bisa mencoba ASUS GTX 1050 atau DAGTX 960.

Jika Anda memiliki anggaran yang baik, Anda dapat membeli GTX 1080 seharga sekitar 7,3 juta atau Radeon R9. Tentu saja, ia menawarkan kualitas grafis yang luar biasa. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda perlu mempertimbangkannya dengan benar Dan jangan lupa prioritaskan dengan kebutuhan anda misalkan untuk gamming atau editing.

Utamakan GPU bukan Brand

Saat membeli VGA card, jangan terbuai dengan anggapan bahwa merek adalah segalanya. Memang untuk beberapa brand ternama seperti NVIDIA dan AMD, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Namun, Anda juga harus memperhatikan sisi GPU. GPU adalah komponen yang melakukan perhitungan yang digunakan untuk merender gambar yang ditampilkan di layar monitor.

Jumlah core pada kartu grafis

Adapun jumlah core GPU, semakin banyak core yang Anda miliki, semakin banyak tugas (proses komputasi) yang dapat dilakukan oleh GPU tersebut.

3 tugas dikerjakan oleh GPU dengan 6 core, maka 1 tugas akan diselesaikan oleh 2 core secara bersamaan, jika dibandingkan dengan GPU yang memiliki jumlah 3 core, Setiap core bekerja secara independen untuk menyelesaikan tugas, sehingga lebih cepat dari GPU 3 core.

Perhatikan tipe memory dan bandwith

Tip lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis memori yang tersedia pada kartu grafis pilihan Anda. Jenis kartu grafis adalah GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, GDDR5X.

Semakin tinggi angka GDDR, semakin baik kartu grafisnya. Misalnya, jika kemampuan GDDR5X dua kali lebih cepat dari GDDR5, GDDR5 tiga kali lebih cepat dari GDDR3. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar