Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Membedakan Iphone Original dan Versi HDC

Ilustrasi iPhone imitasi atau HDC yang sangat mirip dengan yang asli. (Arnel Hasanovi, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – iPhone menjadi smartphone yang sering menjadi incaran dari produsen handphone HDC. HDC adalah singkatan dari Hand Copy Draw atau berarti barang versi palsu, replika, tiruan, alias KW.

iPhone merupakan salah satu brand yang paling laris di pasaran, tak heran banyak produsen HDC yang membuat bentuk dan isi yang sama, dengan harga yang jauh dibawah harga pasar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengenali perbedaan iPhone original dan versi HDCnya.

Cek App Store

Cara paling mudah untuk mengenali bedanya iPhone HDC dan original yaitu dengan cara melihat fitur App Store. Biasanya handphone HDC memakai fitur dari Android yaitu Google Play Store yang dikustom mirip App Store. Hal ini sangat mudah jika Anda sangat jeli melihat menu juga fitur dalam iPhone HDC itu.

Lihat pada Sistem Operasinya

Selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bagian OS dari iPhone itu. Biasanya iPhone HDC selalu atau lebih seringnya memakai sistem operasi dari Android yang diubah nyaris mirip iPhone. Sementara itu, untuk iPhone yang asli atau keluaran dari pabrik selalu menggunakan sistem operasi dari iOS.

Cek Apakah Ada iTunes

Adanya pengenalan itunes pada perangkat lain juga bisa jadi tolak ukur guna membedakan iPhone HDC dan original. Biasanya handphone HDC iPhone tidak bisa terhubung dengan perangkat lain, hal tentu berbeda dengan iPhone original.

Lihat Material yang Dipakai

Selalu jeli saat memperhatikan material luar pada bagian body dari iPhone yang hendak Anda beli. Sebab biasanya iPhone original selalu memakai material yang sangat bagus. Akan tetapi untuk iPhone HDC selalu memakai material plastik abal-abal.

Periksa IMEI

Setiap handphone pasti memiliki IMEI. Maka bagi Anda yang hendak melihat iPhone original atau tidak sebaiknya cek terlebih dahulu terkait dengan IMEI dari iPhone itu.

Bandingkan Harganya

Jika berjumpa dengan iPhone keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau patut untuk dicurigai bahwa itu adalah iPhone HDC. Sebab sejauh ini, iPhone rilisan terbaru yang resmi, tidak pernah dijual dibawah harga pasaran.

Fitur dan Spesifikasi

Fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone HDC biasanya hanya mirip saja tidak bisa sama bahkan melebihi iPhone ori tersebut. Oleh sebab itu Anda bisa lebih jeli melihat fitur dan spesifikasinya.

Jangan sampai tertipu membeli iPhone, karena produk HDC dan original sangat jauh berbeda dan bisa diamati dengan beberapa cara di atas. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar