Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Sampai Terkecoh, Ini Tips Memilih Buah dan Sayur yang Berkualitas

(Foto: Daria Shevtsova, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Bukan hal langka ketika kita memilih buah dengan sangat teliti dan dalam waktu yang lama, ternyata sampai rumah ternyata buahnya tidak sesegar dan sebaik yang kita harapkan. Jeruk yang tidak semanis seperti seharusnya, semangka yang tak banyak air dan kurang manis, atau bahkan buah naga yang cenderung hambar, sering sekali terjadi.

Namun, dengan beberapa tips ini, anda bisa memilih buah dan sayur dengan lebih baik. Penting untuk memilah buah dan sayur yang akan dibeli atau diolah. Ini bertujuan agar Anda mendapatkan buah dan sayur yang berkualitas serta mencegah dari kebusukkan atau senyawa lain seperti pestisida dan hama.

Sayuran

Melansir dari laman Good food, Jumat (24/9/2021) untuk sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi hijau, pilihlah yang daunnya segar dan tidak layu atau menguning. Periksa bagian batangnya serta perhatian bagian ujungnya yang mungkin telah dipotong agar terlihat segar. Sedangkan sayuran seperti brokoli, kembang kol, serta kubis, pastikan agar daunnya tidak hitam dan meguncup atau tertutup rapat.

Sedangkan untuk tomat pilihlah yang masih memiliki batang hijau segar. Buahnya harus berwarna merah serta bertekstur agak lunak yang menandakan telah matang. Untuk aromanya, biasanya berbau manis sedikit agak asam, tergantung varietasnya.

Buah

Untuk memastikan buah yang Anda pilih berkualitas, ada beberap cara yakni, dapat dilihat, dicium aromanya atau dicicipi langsung. Biasanya buah berkulit tipis seperti apel, jambu, dan mangga dapat dilihat tingkat kematangannya dari baunya. Jika baunya enak maka rasanya enak. Jangan biasakan untuk menekan buah untuk mengetahui tingkat kematangannya karena tidak sopan untuk orang lain yang ingin membeli, selain itu menekan buah juga menyebabkan buah jadi cepat membusuk.

Selain aroma, warna juga menjadi indikator buah berkualitas. Semakin gelap warnanya, maka semakin matang buahnya. Beberapa buah-buahan juga biasanya boleh dicicipi langsung untuk mengukur tingkat kematangannya, seperti jeruk, anggur, hingga kurma.

Umbi-umbian

Sayuran seperti kentang, wortel, bit, dan lobak memang sedikit kotor karena tumbuh di dalam tanah. Namun tahukan Anda tanah memiliki zat pengawet alami yang akan membuat umbi-umbian tersebut tidak cepat membusuk.

Bawang putih

Untuk bawang putih, pastikan warnanya tidak berwarna putih bersih. Karena hal tersebut menjadi pertanda ia diberikan senyawa pemutih dan food miles tinggi. Pilih yang terksturnya keras, tidak lunak apalagi ber-air serta aroma yang menyengat. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar