Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Rekan Bisnis Supaya Tidak Rugi

Memilih rekan bisnis adalah hal yang utama dalam menjalankan usaha bersama. (Sumber foto: mediensturmer, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Berikut beberapa cara memilih rekan bisnis yang harus diketahui supaya usaha yang kalian jalani lancar tanpa kerugian.

Jika salah pilih rekan bisnis, alih-alih untung malah rugi besar karena tertipu. Makanya penting untuk memilih rekan bisnis yang cocok dan tepat.

Merintis usaha itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, semua akan terasa lebih mudah jika memiliki rekan bisnis yang sesuai.

Apalagi jika Anda pandai memilih rekan yang bisa dipercaya. Rekan bisnis dengan tingkat komitmen tinggi akan sangat mendukung bisnis Anda makin berkembang.

Oleh sebab itu, jangan sampai sembarangan memilih partner bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih rekan bisnis.

Memiliki kesamaan Visi dan Misi

Punya passion dan goals yang sama dengan Anda. Ini merupakan pondasi penting untuk menjalankan bisnis kedepan. Sebab jika rekan Anda tidak sejalan, justru membuat bisnis makin mengalami kesulitan.

Untuk mengetahui kesamaan visi dan misi ini, coba buka obrolan serta percakapan panjang sebelum Anda memutuskan jadi rekan bisnis.

Reputasinya Baik

Anda harus memastikan orang itu punya reputasi yang baik. Reputasi kerja, media sosial, kehidupan, bahkan catatan di masa lalunya.

Pastikan jika rekan bisnis Anda bukan orang yang suka mencari masalah. Satu hal lagi, sebaiknya Anda sudah kenal lama dengan dia sehingga bisa lebih mudah membangun rasa percaya.

Bisa Diajak Kerja Sama

Sebagai rekan bisnis tentunya harus bisa saling mendukung dan memback-up satu sama lain dalam situasi apapun dalam hal bisnis yang dijalani bersama.

Ini sangat dibutuhkan, karena dalam bisnis seringkali terjadi hal di luar rencana. Baik dalam kondisi susah, maupun bahagia, terjatuh ataupun sukses rekan bisnis harus bisa saling mengisi.

Berkomitmen

Memberi komitmen seratus persen untuk bangun bisnis bersama. Tanpa komitmen kuat, bisnis yang Anda jalankan bisa bubar di tengah jalan.

Namun, dengan komitmen ini apapun kondisinya tentu akan bisa dilalui dan dicari jalan keluar untuk menyelesaikan.

Tidak Anti Kritik!

Terbuka dengan kritikan sebagai kesempatan untuk seseorang memperbaiki kualitas diri. Jika partner bisnis Anda justru anti kritik, maka bisa jadi bisnis Anda hanya akan jalan di tempat bahkan bubar.

Itulah beberapa tips, atau pertimbangan yang perlu Anda pikir secara matang sebelum menjatuhkan pilihan pada orang lain sebagai rekan bisnis.

Intinya, jangan sampai salah pilih, karena sangat berpengaruh pada kemajuan atau kemunduran bisnis Anda, bahkan bisa membawa kehancuran usaha. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar