Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Overprotektif dalam Hubungan! Ini 5 Alasannya Malah Bikin Pasangan Mudah Selingkuh

Ilustrasi overprotektif pada pasangan. (Priscilla, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Overprotektif bukan perkara yang dapat dianggap sepele. Bahkan hal itu dapat memicu masalah utama hubunganmu kian renggang. Oleh sebab itu, beberapa hal berikut ini akan membuat Anda sadar jika overprotektif bisa merugikan pasangan dari segala sisi.

1. Tukang Selingkuh Akan Tetap Selingkuh

Tujuan paling utama seseorang bersikap overprotektif pada pasangan untuk mencegah perselingkuhan. Namun, orang yang suka selingkuh punya seribu macam cara untuk berpaling dari pasangannya. Hal ini menandakan jika overprotektif bukanlah pilihan terbaik.

2. Memberi Sedikit Ruang Agar Pasangan Mendapat Kebebasan

Seseorang yang menjalani hubungan bukan berarti tidak butuh yang kebebasan dalam menjalani hidup. Mungkin Anda punya ikatan untuk bisa saling menjaga hati satu sama lain, namun bukan berarti bebas mengaturnya sesuka hati. Dari hal ini, Anda sadar jika pasangan juga butuh sedikit ruang bebas untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

3. Anda Sudah Lelah dengan Tingkah Toksik Sendiri

Overprotektif menjadi salah satu bagian dari perilaku toksik, yang membuat hubungan berjalan tidak sesuai dengan harapan dan keluar dari kesepakatan awal. Namun, lambat laun Anda mulai sadar bahwa tindakan tersebut bukan perkara yang baik. Ada perasaan lelah untuk mengekang pasangan berlebihan. Jika memang pasangan yang baik, tidak perlu ada larangan untuk melakukan banyak hal.

4. Mempertahankan Pasangan dari Dalam, Bukan Dari Luar

Rasa khawatir seseorang yang overprotektif karena adanya gangguan dari luar yang bisa merusak hubungan, salah satunya orang ketiga. Namun, semua itu bisa sia-sia jika hubungan Anda sendiri tidak bisa dijaga dengan baik.

Oleh sebab itu, jauh lebih baik jika Anda bisa mempertahankan hubungan dari dalam, bukan dari luar. Meski kamu overprotektif sekalipun, jika pasanganmu tidak nyaman dengan sikapmu, dia akan mencari cara untuk mencari pengganti yang jauh lebih baik.

5. Membuat Pasangan Melanggar Aturan Yang Anda Buat Karena Merasa Terkekang

Pasangan yang merasa terkekang atas sikap Anda tidak selamanya bersikap terbuka dan hendak membantah secara terang-terangan. Ada juga yang mulai berbohong demi mendapatkan kebebasannya sendiri karena merasa terlalu diatur. Jika sikap overprotektif kamu dilakukan secara terus menerus, itu hanya akan membuat ia melanggar aturan itu sendiri.

Oleh karena beberapa hal itu, sebaiknya jangan bersikap overprotektif pada pasangan. Berilah kebebasan dan jalani kehidupan dengan bahagai. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar