Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Hanya Resepsi dan Mas Kawin Saja, 6 Hal Ini Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

Ilustrasi cincin pernikahan (Sandi Millar, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum menikah memang banyak persiapan yang harus dibicarakan, mulai dari acara resepsi, mas kawin, dan seserahan. Namun, persiapan sebelum menikah bukan hanya itu saja.

Ada hal lain yang lebih penting untuk dibicarakan demi kehidupan setelah menikah yang lebih baik. Sebaiknya 6 hal ini dibicarakan dulu sebelum memutuskan untuk menikah.

1. Keturunan

Sebelum menikah Anda harus memastikan soal keturunan. Kelak akan memiliki punya anak berapa? akan memulai punya anak di usia berapa? Dan bagaimana mendidik anak dari kecil sampai dewasa? Hal yang penting pastikan kalian siap fisik dan mental saat memutuskan untuk memiliki anak

2. Keuangan

Banyak orang bercerai karena uang, sebab itu penting membahasnya sebelum menikah. Seperti masalah tabungan, pembagian pendapatan untuk hidup sehari-hari, investasi atau simpanan jangka panjang, hutang dan tanggungan biaya hidup keluarga masing-masing.

3. Karir

Tidak ada halangan bagi pria atau perempuan untuk saling bekerja setelah menikah. Asalkan, semuanya didiskusikan pada calon suami atau calon istri kelak. Anda dapat berdiskusi soal manajemen waktu dan pembagian tugas dalam rumah tangga. Penting juga waktu itu saling disesuaikan antara suami dan istri.

4. Tempat Tinggal

Banyak kasus pernikahan kandas karena salah satu pihak tidak nyaman tinggal bareng keluarga dari pasangan. Untuk menghindari hal yang seperti ini, Anda bisa diskusi sama calon pasangan soal tempat tinggal setelah menikah. Apakah kalian akan menyewa rumah atau sementara tinggal di rumah mertua, apapun itu yang penting dibicarakan.

5. Pembagian Tugas Rumah

Pekerjaan rumah bukan cuma jadi tanggung jawab istri saja. Tapi suami juga punya andil yang sama.Oleh sebab itu, hal ini sebaiknya didiskusikan sebelum pernikahan untuk menghindari perbedaan prinsip dan kesalahpahaman.

6. Seks

Di kehidupan pernikahan, meski bukan yang utama, namun hubungan seksual juga sangat penting karena bisa menjadi perekat hubungan dan memberikan kesejahteraan emosional.

Tentunya preferensi seksual penting untuk dibicarakan demi kenyamanan bersama. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter tentang cara berhubungan seks yang sehat dan benar.

Menikah lebih dari soal tinggal bersama dan perasaan saling cinta. Namun, menikah juga soal menyatukan dua isi kepala beserta seluruh baik buruknya. Jadi, pastikan Anda menikah dengan orang yang tepat, yang bisa menjadi teman berbagi hingga menua. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar