Ragam

Jangan Diskip, Ini Waktu yang Tepat untuk Cuci Muka

Membersihkan muka (foto : Mas Vathon, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mencuci muka merupakan serangkain tahap dari kebersihan diri. Namun dewasa ini masih banyak yang mengabaikan bahkan menganggap tidak penting hal tersebut. Selain itu banyak yang tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci muka.

Melansir dari Bustle, Jumat (27/8/2021) selain membersihkan muka dari debu dan kotoran, mencuci muka juga mencegah timbulnya masalah kulit.

“Mencuci muka dapat membuka pori-pori yang tersumbat, dan memberi kulit Anda hidrasi yang diperlukan untuk mencegahnya menjadi kasar, kering, dan keriput,” kata Dr. Orit. Markowitz, Dokter Kulit Bersertifikat Dewan Kota New York dan Pendiri Opti Skin.

Namun perlu diperhatikan juga waktu yang tepat untuk mencuci muka, agar memberikan manfaat yang maksimal. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci muka?

Standarnya, mencuci muka dilakukan dua kali sehari, namun ada juga yang hanya melakukan sekali di pagi hari ketika mereka bangun tidur. Para pakar kecantikan umumnya berpendapat membasuh muka di malam hari lebih penting karena kulit Anda terpapar lebih banyak polutan eksternal.

“Mencuci malam sangat penting karena kotoran dan debu serta polusi yang menumpuk di siang hari,” kata Dr. Maura Weinstein, M.D., dokter kulit bersertifikat.

Namun mencuci muka di pagi hari juga tak kalah penting, “Mencuci di pagi hari memastikan kulit Anda bersih,” lanjut Weinstein. Mencuci muka di pagi hari juga membersihkan sisa-sisa kotoran semalam sehingga tidak ada kotoran atau bakteri yang tertinggal.

Weintein juga memberikan alternatif lain bagi Anda yang malas cuci muka, “Jika malas mencuci muka, Anda bisa memercikkan air, menggunakan air misel, atau sesuatu yang sangat lembut dan non-stripping.”

Manfaat dari rutin mencuci muka adalah membuat skincare Anda seperti serum dan krim Anda cepat menyerap, “Anda harus membersihkan kulit Anda di pagi hari sebelum mengaplikasikan produk kecantikkan, tabir surya, skincare atau make up,” kata Markowitz.

Ia juga menjelaskan bahwa sangat penting untuk membersihkan kulit sehingga produk tersebut dapat masuk dan efektif bekerja di kulit Anda. [rsf/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar