Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Dibuang! Biji Buah Alpukat Ternyata Punya 5 Manfaat, Berikut Cara Mengolahnya

Biji alpukat yang ternyata memiliki banyak manfaat. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang tidak tahu dengan buah Alpukat? Pasti tau dong. Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia karena selain mempunyai rasa yang khas, alpukat juga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan.

Mengonsumsi buah alpukat dapat dengan cara dimakan langsung, ditambahkan ke salad, dijadikan selai roti panggang, dicampurkan ke sup buah atau dibuat minuman jus alpukat.

Namun setelah mengonsumsi buah alpukat jangan langsung di buang dulu bijinya. Walaupun banyak orang yang mengganggap bahwa bijinya tidak berguna. Tahukah kamu, bahwa ternyata biji buah alpukat memiliki banyak manfaat yang tidak kalah banyak dengan buahnya jika diolah dengan benar.


Meskipun informasi kandungan dari biji alpukat masih sedikit, namun biji alpukat mengandung serat makanan, asam lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan beberapa protein dalam jumlah kecil.

Biji alpukat juga menjadi sumber utama dari senyawa fitokimia yang terdapat pada tanaman, serta karbohidrat yang terdiri dari 75% zat tepung.

Berikut ini 5 Manfaat dari Biji Buah Alpukat:

1. Membantu mencegah penyakit kronis
Manfaat biji alpukat yang satu ini bisa dirasakan karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan sudah dikenal dapat mencegah peradangan dalam tubuh, hingga penyakit kronis seperti kanker.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah
Manfaat biji alpukat selanjutnya adalah membantu mengontrol gula darah. Manfaat tersebut dirasakan karena kandungan phytochemical bioaktif dalam biji alpukat yang mampu menurunkan risiko diabetes.

3. Memperbaiki Pencernaan
Kandungan serat larut dan senyawa anti inflamasi dalam biji alpukat dinilai cukup tinggi, jadi dapat bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan seperti mengatasi sembelit, diare, hingga mengurangi gejala kembung pada perut. Selain itu, biji alpukat juga dapat membersihkan perut dari limbah dan racun yang menjadi penyebab kondisi komplikasi.

4. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes tipe 2. Dengan memakan biji alpukat yang mengandung antioksidan aktif dan senyawa fenolik, maka kamu dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

5. Mengatasi Penyakit Maag
Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada kebanyakan orang yang membuat penderitanya merasakan sakit di ulu hati hingga muntah. kamu bisa mencoba memakan biji alpukat yang menjadi obat alami bagi penyakit maag.

Cara Konsumsinya:

Seperti yang kita ketahui bahwa biji alpukat memiliki rasa pahit karena khasiat obatnya. Untuk mengkonsumsinya, langkah yang harus kalian lakukan adalah melepaskan lapisan kulit cokelat halus dan parut.

Kemudian Anda bisa memanggangnya di atas wajan sampai berwarna cokelat keemasan. Setelah itu kalian bisa mengonsumsinya dengan 2 cara berikut seperti:

– Untuk infus, kalian bisa rebus serbuk biji alpukat selama 10 menit kemudian diamkan air rebusan tersebut untuk beberapa menit sebelum diminum.

– Selain itu kalian juga dapat gunakan mereka sebagai hiasan dalam salad, sup, semur, nasi, pasta, dan lain sebagainya.

Cara mengolah biji Alpukat

– Keringkan biji apukat dalam oven dengan suhu tinggi selama 2 jam.
– Biji yang sudah kering lalu dipotong dan diblender hingga menjadi bubuk.
– Bubuk biji alpukat ini dapat ditambahkan ke makanan atau minuman sehari-hari.

Perlu diperhatikan bahwa bubuk biji alpukat ini rasanya sangat pahit, jadi Anda harus menyeimbangkan rasa makanan atau minuman yang akan ditambahkan bubuk biji alpukat. (dae/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev