Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Dibuang! Air Cucian Beras Bermanfaat untuk Perawatan Tubuh

Sumber foto : Vie Studio/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkan terpikir bahwa air cucian beras yang selama ini kalian buang ternyata banyak mengandung manfaat? Perempuan di China dan Jepang telah menggunakanair beras ini sebagai perawatan kecantikan selama berabad-abad.

Meski belum ada penelitian pasti, namun salah satu suku di China memiliki kepercayaan akan ini. Bahkan mereka telah melestarikan perawatan menggunakan air cucian beras ini. Berikut ini adalah manfaat air beras yang bisa digunakan untuk kecantikan.

1. Perawatan Wajah
Air beras memang diyakini dapat membuat wajah lebih bercahaya, lembut, bahkan lebih kencang. Banyak juga yang mengatakan bahwa air beras akan mencegah proses penuaan dini sehingga wajah akan tampak awet muda. Sebuah penelitian di Portugal pada 2018 menemukan bahwa air beras dapat menurunkan aktivitas enzim elastase yang berperan dalam proses penuaan kulit, yang artinya akan mempelambat munculnya tanda-tanda penuaan dan garis halus. Meski begitu, penelitian ini masih terbatas.

Lebih kerennya lagi, air beras bisa melindungi sel kulit dari kerusakan. Ini karena air beras mengandung antioksidan khusunya inositol, yang mana senyawa ini mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah zat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kalian bisa mengaplikasikan air beras ini menggunakan kapas, atau bisa juga dengan mencampurkan 1 sendok teh air beras dengan minyak kelapa, lalu dipijat ke wajah dan leher.

2. Perawatan Rambut
Air cucian beras ternyata mengandung asam amino, yang mana bermanfaat untuk memperkuat akar rambut, menambah kilau, dan membuat rambut menjadi halus dan lembut. Selain itu, kandungan inositol ternyata tak hanya bisa mencegah kerusakan pada kulit wajah, namun juga bisa memperbaiki rambut rusak. Nah bagi yang ingin memiliki rambut tebal, air cucian beras bisa meningkatkan pertumbuhan rambut lantara mengandung vitamin B, C dan E.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya perlu mengendapkan air cucian beras selama setidaknya 24 jam. Lalu gunakan air itu untuk dibilaskan ke rambut, terutama area kulit kepala. Pijat dan diamkan selama 5 menit sebelum akhirnya kalian menggunakan sampo. Jangan khawatir, air beras ini cocok digunakan untuk segala jenis rambut, namun hasilnya bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi rambut.

3. Iritasi atau Luka Bakar
Bagi yang memiliki luka atau iritasi pada kulit, kalian bisa mencoba mengobatinya dengan cara ini. Pada 2002, ada sekelompok peneiliti yang menguji manfaat air beras pada penderita eksim atopic dan mereka yang mengalami iritasi kulit akibat natrium lauril sulfat.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa berendam air beras selama 15 menit perhari akan membantu proses pemulihan kulit dan mencegah iritasi. Kalian juga bisa mengoleskan air beras pada ruam atau kulit yang meradang, agar menenangkannya secara alami.

Penelitian di atas memang belum diketahui kelanjutannya, tapi bukan berarti kalian tidak bisa mencobanya. Namun, jika iritasi atau peradangan kulit dirasa sangat parah, akan lebih baik jika langsung berobat pada ahlinya. Ditakutkan apabila salah penanganan maka akan membuat luka lebih parah. Begitu pula dengan perawatan lain, jika ada efek samping yang menunjukkan ketidakcocokan, maka sebaiknya tidak dilanjutkan. [mnd/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar