Ragam

Jangan Biarkan Fatal, 4 Tanda Tubuh Kamu Kurang Minum Air Putih

(Sumber foto: Greg Rosenke, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebesar 60% dari seluruh tubuh manusia terbuat dari air. Oleh karena itu, Anda harus minum terus supaya tubuh tetap sehat bugar. Jika tubuh kurang minum air putih maka bisa menyebabkan beberapa resiko kesehatan.

Gejala yang bisa dikenali dari dari tubuh yang kurang minum air putih, seperti kelelahan, mudah sakit, kurang konsentrasi dan beberapa hal lain.

Jangan disepelekan kurang air putih, karena berdampak pada kesehatan yang serius. Dilansir dari laman Health Associates, berikut ini tanda tubuh kurang minum air putih yang bisa berakibat fatal.

Sembelit

Air punya fungsi untuk peningkatan pencernaan yang baik dan buang air besar teratur. Air juga akan menjaga tinja tetap lembut sehingga mudah berpindah menuju saluran pencernaan.

Tidak minum air yang cukup dapat membuat tubuh menarik air dari tinja. Sehingga menyebabkan tinja lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan yang berakhir pada sembelit.

Kulit kering

Air mampu menghidrasi juga mengisi sel kulit guna membuat kulit nampak lebih sehat, cerah, juga lebih muda. Namun, kurang air dalam tubuh menyebabkan kulit hilang kekenyalan dan elastisitasnya. Hal ini berdampak pada kulit kering, terkelupas, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

Merasa tidak bertenaga,

Kurang minum air putih menyebabkan hilangnya cairan secara keseluruhan pada tubuh. Kehilangan cairan ini jadi penyebab penurunan volume darah yang memberi tekanan lebih pada jantung guna menghantar oksigen dan nutrisi ke organ, termasuk otot. Kekurangan air dapat menyebabkan Anda mengalami periode kelelahan dan energi rendah.

Buang air kecil kurang dari 4x sehari,

Saat tubuh mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan sebanyak mungkin untuk mempertahankan fungsi. Hal ini berdampak pada penurunan buang air kecil, Kekurangan air juga menyebabkan warna urin menjadi lebih gelap, bau lebih kuat, dan penampilan lebih keruh.

Jika mengalami beberapa tanda tersebut sebaiknya Anda segera minum air dengan porsi yang cukup. Tanda-tanda tersebut berarti Anda sedang dehidrasi. Segera minum banyak air atau makan buah yang banyak air.

Dehidrasi jangka panjang bisa membahayakan kesehatan ginjal dan darah. Sehingga, demi hidup sehat, jangan lupa minum air yang cukup setiap hari. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar