Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Anggap Sepele, Konsumsi Bumbu Dapur Ini Dapat Melindungi Otak

Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Para arkeolog yang bekerja di India saat ini telah menemukan residu kunyit dalam pot tanah liat yang berasal dari 2500 SM. Sepanjang sejarah manusia, kunyit ini yang masih tergolong anggota jahe-jahean atau rimpang dan telah dihargai karena dianggap memiliki kekuatan penyembuhan dan digunakan dalam upacara keagamaan.

Singkatnya, para peneliti percaya bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam kunyit bisa menjadi obat penyembuh yang cukup kuat seperti peradangan dan stres oksidatif yang terlibat di dalam banyak penyakit kronis. Adapun berikut ini efek dan manfaat setelah mengonsumsi kunyit, diantaranya :

 

Meredakan nyeri artritis
Osteoartritis lutut adalah salah satu gangguan sendi yang paling menyakitkan dan umum dialami oleh para usia senja. Dalam sebuah penelitian kecil di jurnal Trials, para peneliti menugaskan 139 pasien dengan osteoarthritis lutut dengan 500 miligram curcumin (bahan anti-inflamasi dalam kunyit) menerima laporan adanya peningkatan hingga 50% dalam 14 hari bisa meredakan nyeri, adapun para peneliti juga memperhatikan bahwa mereka yang menggunakan kurkumin kehilangan rata-rata 2% dari berat badan mereka dalam empat minggu.

 

Bisa kehilangan beberapa berat badan dan lemak
Sejumlah penelitian pada menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut. Sebuah studi tahun 2015 menghasilkan bukti bahwa suplementasi dengan 800 miligram kurkumin selama 30 hari dapat memberikan efek penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggul.

 

Mengurangi risiko terkena diabetes
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit mungkin efektif dalam mencegah pra diabetes dan diabetes tipe 2, kurkumin yang terkandung dalam senyawa bioaktif dalam kunyit dengan obat diabetes metformin lebih manjur daripada obat resep untuk menurunkan glukosa darah. Para peneliti mengatakan penelitian tersebut menunjukkan bahwa kurkumin meningkatkan fungsi sel penghasil insulin di pankreas.

 

Memberikan perlindungan untuk otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir rangsangan inflamasi tertentu dan menekan peradangan yang telah dikaitkan dengan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan multiple sclerosis. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurkumin dapat melindungi otak dari racun khususnya aluminium. Aluminium diketahui merusak memori dan pembelajaran spasial, dan logam ini dapat masuk ke tubuh manusia melalui saluran pencernaan dan paru-paru melalui peralatan masak, kosmetik, dan produk farmasi.

Sementara sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat ditoleransi dengan baik, beberapa orang mengalami mulas dan GERD, sakit perut, dan diare. Efek samping potensial lainnya termasuk gula darah rendah, pembekuan darah berkurang, kekurangan zat besi, dan interaksi negatif dengan obat resep. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar