Iklan Banner Sukun
Ragam

Jangan Anggap Sepele, Ini Sikap Childish yang Harus Dihindari

Ilustrasi pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Childish merupakan sikap kekanakan yang bisa terbawa hingga dewasa. Namun sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka berperilaku demikian. Lalu bagaimana cara mengenali sikap childish ini?

Sifat childish dalam psikolog disebut dengan immature personality disorder. Melansir Oureverydaylife Selasa (17/8/2021) Susan Heitler, seorang terapis mengatakan beberapa orang memang mengalami keterlambatan dalam mengelola emosi mereka. Lalu bagaimakah ciri-ciri sikap childish yang wajib dihindari? Berikut ulsannya:

Egois
Orang yang egois biasanya hanya berfokus pada kepentingan dirinya sendiri dengan mengorbankan kebahagiaan orang lain. Biasanya orang yang egois senang memerintah dan mengontrol pihak yang lemah dalam mencapai tujuannya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Floyd H. Allport dan Gordon W. Allport, yang diterbitkan dalam Journal of Abnormal and Psikologi Social, sifat kepribadian setara dengan klasifikasi dan pengukuran mereka.

Berpikiran pendek
Menurut ahli terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Athena Staik dalam artikel Psych Central Ego Versus Ego-Strength: The Characteristics of a Healthy Ego and Why It’s Essential to Your Happiness, ketakutan dan kecemasan seseorang sering membatasi mereka untuk melajutkan pengambilan keputusan. Alhasil, sikap ini menggiring opini orang lain untuk percaya bahwa Anda berpikiran sempit, sering ragu, serta tidak memiliki pendirian.

Kurang Gairah Hidup
Ketika seseorang tidak dapat menemukan passion hidupnya, maka mereka dianggap masih childish dan belum memiliki tanggung jawab. Menurut psikoterapis Steven Reiss dalam buku berjudul The Normal Personality: A New Way of Thinking About People, sifat kepribadian yang lemah ini sering menjadi faktor dalam masalah kepribadian yang dapat memengaruhi hubungan antara kemitraan, karier, serta hubungan dalam keluarga.

Lemahnya Kontrol Diri
Tidak dapat mengontrol emosi saat sedih dan marah menjadi ciri terakhir Anda bersifat childish. Menurut psikolog klinis Leon F. Seltzer dalam artikel Psychology Today berjudul The Paradox of Anger: Strength or Weakness?, ketika Anda membiarkan orang atau situasi lain membuat Anda marah, kondisi ini menunjukkan kelemahan emosional dan kurangnya pengendalian diri. [rsf/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati