Ragam

Jaga Aki Tidak Bocor Saat Pengisian Daya Baterai Ponsel, Lakukan Tips Ini!

Rachel, pexels

Surabaya (beritajatim.com) Saat ini sudah ada beragam motor atau mobil yang memberikan fasilitas menarik sehingga semakin mempermudah pekerjaan manusia. Bukan hanya didesain dalam bentuk yang keren saja, namun juga canggih.

Seperti yang sudah banyak kita lihat, ada beberapa sepeda motor dilengkapi fasilitas pengisian daya baterai ponsel. Keunggulan ini baru-baru saja ditemukan pada beberapa motor dengan fasilitas sistem pengisian baterai.

Sebenarnya, bukan menjadi masalah, jika ingin membuat motor menjadi lebih canggih, asa kita bisa memperhatikan instalasi kelistrikan dengan tepat. Bahayanya jika salah memasang akan menyebabkan korsleting. Maka, pastikan peralatan listrik sesuai standar dan tidak memberatkan baterai atau aki.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi adalah jika instalasi listrik pada sistem pengisian daya baterai ponsel sudah terpasang dengan baik, maka dalam menggunakan kita harus memakai cara yang benar supaya aki tidak mudah habis atau rusak.

Tips Menjaga Aki tidak mudah Bocor Saat Pengisian Daya Baterai Ponsel:

Gunakan Pengisian Baterai Jika Dalam Keadaan Mendesak Saja

Meskipun kita sudah memiliki fasilitas ini, namun jangan sampai hal ini menciptakan ketergantungan. Lebih baik gunakan hanya dalam keadaan mendesak ketika kita mengharuskan ponsel tetap menyala tapi kondisi baterai melemah. Sehingga dapat dikatakan jika fitur ini adalah “penolong utama” dalam kondisi darurat.

Tidak dapat dipungkiri, jika keadaan mendesak sering datang tiba-tiba. Namun bukan berarti, kita dapat menggunakan fitur charge hp pada motor terlalu sering. Lebih baik tentukan waktu yang tepat untuk cas hp di motor supaya tidak terlalu sering menghabiskan energi aki.

Dampaknya jika terlalu sering menggunakan fitur pengisian daya hp membuat aki menjadi bocor dan cepat habis. Hal ini terjadi karena mengisi daya yang terlalu sering menyebabkan aki bekerja melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

Usahakan untuk Mengisi Daya Terlebih Dahulu Sebelum Bepergian

Manfaat dari fasilitas ini hanya untuk membantu, bukan dijadikan sebagai tempat utama pengisian baterai. Jadi dia hanya memberikan kemudahan supaya pengemudi tidak kehabisan daya baterai ponsel ketika dalam perjalanan. Maka dari itu, sebelum berpergian lebih baik isi daya baterai terlebih dahulu dari rumah.

Selain itu, kita memperhatikan kapan waktu yang tepat menggunakan ponsel, seperti pada jam tidur pengguna. Waktu-waktu itu cocok untuk mengisi daya. Selain itu, pengecasan baterai ponsel di rumah mampu memberikan daya maksimal untuk hp sehingga kita tidak perlu memanfaatkan fitur charge saat berkendara dalam jarak dekat.[prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar