Iklan Banner Sukun
Ragam

Jadi Kayu Terlangka, Ini Penampakan Kynam Harganya Bisa Sampai 150 Juta

(Foto: Karolina Grabowska, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kynam atau kyra merupakan jenis kayu gaharu dari Jepang dan dianggap sangat langka. Saking langkanya, satu gram jenis kayu ini bernilai 150 juta. Karena harganya yang fantastis tersebut, menjadikan kynam sebagai kayu termahal di muka bumi.

Seperti dilansir dari Oddity central, Kamis (30/9/2021) kynam biasanya digunakan dalam industri pembuatan parfum atau dupa. Ini karena kynam memiliki aroma yang sangat khas dan kuat. Jika di semenanjung Arab, kynam biasanya disebut dengan kayu oud. Jenis kayu ini diperoleh dari bagian inti pohon aquilaria, yang bisanya berbentuk kayu resin berwarna gelap.

Kayu inti dari pohon aquilaria memang relatif tidak berbau, dan berwarna pucat, tetapi dalam kondisi tertentu, pohon tersebut menghasilkan sejenis damar gelap yang menghasilkan gaharu yang berharga. Selama berabad-abad, manusia telah mengetahui bahwa aquilaria hanya menghasilkan gaharu ketika mereka disakiti dari luar.

Diteorikan bahwa berbagai jenis ancaman alam, seperti disambar petir, diserbu semut atau lebah, bahkan dirusak oleh hewan besar menyebabkan terciptanya gaharu, tetapi pada akhirnya, semuanya bermuara pada infeksi jenis cetakan tertentu. Kynam memang memiliki aroma yang kuat dan khas yang digunakan baik sebagai dupa maupun sebagai esensi untuk parfum berkualitas tinggi dan mahal.

Orang-orang telah belajar bagaimana mengolah pohon aquilaria dengan jamur Phialophora untuk merangsang penciptaan gaharu. Parasit Phialophora adalah jamur yang dibutuhkan untuk proses pembentukkan gaharu atau oud, di inti pohon aquilaria. Sekarang perkebunan kayu ini sudah tersebar di berbagai negara Asia, dari Indonesia hingga Myanmar dan Vietnam, yang khusus memproduksi oud.

Perlu dicatat bahwa meskipun gaharu yang bersumber dari perkebunan tidak sepenuhnya murah, namun tidak semahal gaharu liar, terutama yang berkualitas unggul. Itu karena gaharu perkebunan dipanen hanya setelah beberapa tahun setelah terinfeksi, sedangkan gaharu liar berkualitas tinggi karena dapat berumur beberapa ratus tahun, dan memiliki harga premium. Dan tidak ada gaharu yang lebih mahal dari kynam. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar