Iklan Banner Sukun
Ragam

Jadi Generasi Milenial yang Punya Kebebasan Finansial, Lakukan Hal Berikut

(Foto: Visual Stories Micheile, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Generasi milenial adalah mereka yang lahir di pada tahun 1996 hingga 2000 an. Fakta tahun 2020 menunjukkan jika generasi milenial telah mencapai 30% total penduduk atau setara dengan 83 juta jiwa. Namun, masih banyak generasi milenial yang rentan secara finansial. Hal ini tampak dari minimnya pencatatan keuangan teratur dari generasi milenial.

Generasi milenial seringkali boros untuk pengeluaran yang sebenarnya kurang begitu penting. Mereka juga identik dengan gaya hidup hedonis, dan seringkali tidak minimalis. Dari data tersebut sudah seharusnya generasi milenial menuju kebebasan finansial. Berikut ini cara bagi generasi agar bisa memiliki kebebasan secara finansial.

Pertama, Memaksimalkan sumber penghasilan

Memaksimalkan ladang penghasilan dapat dilakukan dengan cara memperoleh pendapatan dari banyak sumber. Semisal jika kamu berprofesi sebagai akademisi, bisa disanding dengan kegiatan wirausaha. Hal ini bertujuan agar bisa mencapai kebebasan finansial. Dengan punya sumber penghasilan yang tidak hanya satu maka akan lebih cepat terbebas dari masalah finansial.

Kedua, Mengelola keuangan

Kamu dapat memulai pengelolaan keuangan dengan cara membuat pengaturan pengeluaran (budgeting) agar tidak lebih besar dari pemasukan. Pisahkan pendapatan yang kalian gunakan untuk investasi, pengeluaran rutin, dan gaya hidup. Usahakan maksimal pengeluaran bulanan sebesar 40% dari pemasukan. Lalu, untuk menopang gaya hidup dapat digunakan 10% dari penghasilan.

Ketiga, Menerapkan gaya hidup sederhana dan minimalis

Sederhana dalam menjalani hidup bukan berarti tidak mampu, tapi demi menahan hasrat konsumerisme. Kamu juga bisa menerapkan hidup minimalis untuk menekan pengeluaran. Cara ini bisa jadi upaya untuk tetap fokus pada sesuatu yang menjadi impian.

Keempat, Rutin melakukan investasi

Generasi milenial yang begitu dekat dengan teknologi tentu sangat diuntungkan. Sebab keberadaan teknologi yang canggih, membuat milenial mudah untuk berinvestasi dengan modal yang kecil. Kamu bisa memulai dengan investasi dari Rp 10.000 melalui aplikasi reksa dana dan sekaligus menjadi investor muda.

Namun, harus dipastikan uang investasi tersebut bukan dana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Cara terbaiknya adalah dengan melakukan pembelian produk investasi secara rutin dengan menyisihkan penghasilan rutin setiap bulan. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar